Manfaat Pijat dan Akupuntur untuk Trauma dan PTSD – Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kesehatan mental yang kompleks dan serius yang dihasilkan dari pengalaman traumatis. Jika dibiarkan tidak dikenali dan tidak diobati, gejala PTSD bisa sangat melemahkan. Mereka dapat mengganggu kemampuan individu untuk bekerja, mempertahankan hubungan, dan menjalani kehidupan yang sehat dan memuaskan.

Manfaat Pijat dan Akupuntur untuk Trauma dan PTSD

PTSD berakar pada naluri “lawan atau lari” tubuh. Naluri ini memungkinkan kita untuk bereaksi cepat terhadap peristiwa traumatis. Tubuh secara otomatis memicu respons yang tepat terhadap bahaya dan kemudian mematikan reaksi itu ketika bahaya sudah lewat.

Namun, ketika traumanya parah atau berlangsung lama, reaksi “lawan atau lari” itu berlanjut bahkan setelah bahaya berlalu. Ketidakmampuan untuk mematikan naluri “lawan atau lari” mengarah pada gejala yang sekarang kita kaitkan dengan PTSD. Hanya beberapa gejala yang paling umum termasuk:

DIDUKUNG OLEH:
  • Hipersensitivitas dan hyperawareness
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Iritabilitas dan kemarahan
  • Insomnia / sulit tidur
  • Kilas balik dan mimpi buruk
  • Perasaan terisolasi dan detasemen
  • Nyeri fisik (tidak terkait dengan penyebab fisik tertentu)

Manfaat Pijat dan Akupuntur untuk Mengurangi Stres untuk PTSD

Baik akupuntur dan pijat terkenal karena kemampuannya untuk membantu meminimalkan stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini sangat penting bagi individu dengan PTSD, yang perasaan ini dapat menjadi luar biasa.

Pijat mengatasi stres yang tertahan di tubuh sebagai ketegangan otot. Terapi pijat melepaskan ketegangan ini dengan memanipulasi dan meremas otot-otot yang tegang itu. Mempromosikan relaksasi fisik dapat mengurangi nyeri tubuh dan sakit kepala akibat stres dan kecemasan. Itu sering mengarah pada dampak positif keseluruhan pada kesehatan emosional dan kesejahteraan secara keseluruhan.

BACA JUGA  Tips Mencegah Anemia Saat Menstruasi

Kemudian akupuntur bekerja secara berbeda dari pijat, tetapi memiliki efek pengurangan stres serupa yang dapat sangat efektif untuk individu dengan PTSD. Akupuntur bekerja dengan menyeimbangkan kembali aliran energi kehidupan tubuh (“qi”). Dengan memasukkan jarum steril yang sangat tipis ke titik-titik penting di sekitar tubuh, akupuntur membantu merangsang mekanisme penyembuhan diri tubuh untuk mengurangi perasaan stres, kecemasan, dan depresi.