Manfaat Qigong Sebagai Penunjang Kesehatan

Apa saja manfaat Qigong? Qigong juga sama halnya dengan akupuntur dan akupresur, sama-sama termasuk pengobatan tradisional asal Cina. Siapa sangka, terapi ini juga merupakan salah satu cara meditasi untuk ketenangan batin.

Manfaat Qigong Bagi Kesehatan

Cina selalu dikenal sebagai cara pengobatan yang memiliki keunikan dan manfaat besar bagi kesehatan. Contohnya seperti akupuntur, akupresur, bekam, moksibusi, feng shui dan lain sebagainya.

Qigong sendiri berakar pada filosofi Tao dan juga pengobatan tradisional Tiongkok atau TCM. Oleh karena itu, Qigong juga menganggap bahwa penyakit dan ketidaknyamanan merupakan hasil energi yang tidak seimbang pada tubuh seseorang.

Olahraga jenis ini melibatkan gerakan yang berulang dan akan membantu memperkuat, meregangkan, menyeimbangkan, juga meningkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh. Jika tertarik, berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaatnya.

- Advertisement -

Siapa sangka Qigong ternyata bermanfaat untuk kepadatan tulang. Hal ini telah terbukti secara positif olahraga jenis ini membantu kesehatan tulang Anda. Tidak hanya kepadatan tulang, olahraga jenis ini jelas menyeimbangkan.

Meningkatkan keseimbangan tentu penting untuk menghadapi keseharian. Pengobatan ini jelas bermanfaat bagi pasien distrofi otot, dan seseorang yang jarang bergerak atau sering menghabiskan waktunya dengan rebahan.

Ternyata tidak hanya akupuntur dan akupresur saja, olahraga Qigong juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang saat ini sangat penting untuk dijaga mengingat pandemic tengah marak kembali.

Qigong juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kardiovaskular dan paru. Olahraga ini juga bisa membantu kurangi tekanan darah dan berpotensi baik pada aktivitas parasimpatis dan simpatis.

Siapa sangka, karena Qigong juga berpusat pada meditasi, otomatis gangguan kecemasan dan stres juga bisa diatasi dengan melakukan olahraga ini. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga terjaga.

BACA JUGA  Akupuntur Membantu Program Diet, Efektifkah?

Oleh karena itu, melakukan Qigong membuat seseorang bisa memperbaiki kualitas hidup. Terhindar dari penyakit, kesehatan rohani terjaga adalah kombinasi baik yang membuat tubuh sehat dan bugar.

Apalagi, teknik olahraga ini tidak membuat tubuh terasa terbebani oleh beban yang berat. Jelas saja, Qigong melakukan gerakan yang lembut dan nyaman, terlebih lagi sarana meditasi cukup menguntungkan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...