Bahan-bahan alami memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya minyak bunga kamboja. Selain memiliki aroma yang begitu kuat ini, bunga kamboja ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan. Jika diperhatikan, bunga kamboja memiliki penampilan yang begitu memukau. Warna putih cerah ditambah warna kuning dibagian sisi dalamnya membuat bunga ini banyak digunakan untuk mempercantik ruangan. Di Indonesia sendiri, bunga kamboja cukup mudah untuk ditemukan karena memang jenis bunga ini banyak tumbuh di kawasan tropis. Umumnya, sebelum digunakan bunga kamboja diolah hingga menjadi minyak esensial.

DIDUKUNG OLEH:

Manfaat Minyak Bunga Kamboja

Antioksidan

Seseorang pasti membutuhkan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Terdapat beberapa senyawa di dalam minyak bunga kamboja ini seperti alkaloid, flavonoid hingga tannin. Penggunaan minyak esensial ini akan membantu sel-sel tubuh terhindar dari kerusakan, peradangan hingga kanker berbahaya. Minyak ini bisa didapatkan ditoko-toko tertentu karena memang masih jarang. Namun jika di dekat rumah terdapat pohon kamboja, bisa juga dengan membuat sendiri minyak esensial ini.

Mempercantik Wajah

Umumnya kebanyakan wanita mempercantik diri dengan cara perawatan di salon kecantikan. Namun perawatan kulit wajah sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak bunga kamboja. Minyak ini berguna untuk mengencangkan pori-pori, membuat kulit menjadi lebih lembab, mengurangi minyak yang keluar dari pori-pori wajah dan sebagainya. Penggunaan minyak esensial ini dijamin tanpa efek samping yang berbahaya.

Mencegah Stres

Aroma bunga kamboja yang khas memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Terdapat senyawa seperti linalool, citronellol hingga geraniol yang akan mempengaruhi reseptor hidung. Hingga akhirnya senyawa ini sampai ke hipotamalus untuk membuat mencegah stres. Selain itu juga bisa dengan mengoleskan langsung ke kulit.

Mengatasi Nyeri Saat Persalinan

Salah satu cara mengatasi nyeri saat persalinan bisa dilakukan dengan minyak esensial. Caranya dengan mengoleskan minyak ke bagian perut secara perlahan. Pastikan saat dioleskan, perut tetap merasakan kenyamanan. Oles sendiri atau meminta bantuan orang terdekat untuk membantu mengoleskan dan oleskan hingga merata.