Rhinitis alergi adalah suatu kondisi yang menandakan terjadinya peradangan di rongga hidung akibat dari alergi. Manfaat terapi akupuntur salah satunya bisa untuk mengatasi masalah rhinitis alergi. Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi bisa disebabkan oleh debu, serbuk sari atau bulu hewan. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa bersin, hidung yang tersumbat dan terasa gatal. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan mata berair, ruam di kulit dan sakit di tenggorokan.

Masalah ini tentu saja harus segera diatasi, terlebih lagi jika sering bersin, aktivitas akan terganggu dan juga tubuh menjadi kelelahan. Selain itu, kondisi ini juga bisa menimbulkan asma hingga infeksi telinga bagian tengah pada anak.

DIDUKUNG OLEH:

Pengobatan yang diberikan oleh dokter bisa dilakukan sebagai langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini, namun benarkah akupuntur juga bisa dijadikan sebagai cara pengobatan untuk rhinitis alergi?

Hay fever atau rhinitis alergi terjadi ketika imun tubuh merespon sesuatu zat yang berbahaya atau alergen. Akupuntur, merupakan salah satu terapi tradisional yang diklaim bisa digunakan untuk atasi masalah ini.

Akupuntur dilakukan pada area tertentu yang terhubung dengan bagian hidung, terapi ini juga bertujuan untuk meredakan gejala yang terjadi pada hidung dan untuk menurunkan dosis obat medis yang digunakan.

Namun, terapi tradisional Cina ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengobatan medis. Anda bisa menggunakan obat untuk rhinitis alergi, irigasi hidung dan desensitisasi untuk mengatasi kondisi ini.

Rhinitis alergi dapat diperparah karena hal-hal seperti parfum atau deodorant, lingkungan yang lembab, suhu yang dingin, polusi udara atau asap. Kondisi ini juga bisa dicegah dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

BACA JUGA  Masalah Kesuburan Bisa Diatasi Dengan Akupuntur

– Biasakan segera mandi setelah beraktivitas di luar rumah
– Menggunakan masker saat di luar rumah
– Membersihkan lantai dengan benar
– Pasang filter di ventilasi rumah jika diperlukan
– Membersihkan tikar atau karpet secara rutin
– Membersihkan hewan peliharaan secara rutin

Hal-hal yang disebutkan di atas bisa dijadikan sebagai upaya mencegah terjadinya rhinitis alergi. Selain itu, lingkungan yang bersih juga akan membuat tubuh terhindar dari penyakit lainnya.

Jadi, manfaat terapi akupuntur juga bisa digunakan untuk terapi tambahan rhinitis alergi, dan digunakan untuk mengurangi gejala yang muncul. Tidak hanya itu, akupuntur juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.