Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh – Beberapa orang menganggap memasukkan jarum tipis ke dalam berbagai titik seperti sebuah penyiksaan. Namun sebenarnya ini adalah praktik populer yang disebut akupuntur yang terus berkembang populer di seluruh dunia.

Faktanya, aspek Pengobatan Cina Tradisional (TCM) ini sudah ada lebih dari 2000 tahun yang lalu. Sekarang dicari karena telah dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Sakit kronis

Sakit kronis memang sulit untuk disembuhkan, seringkali orang mencari metode alternatif dalam hal untuk mengatasi nyeri dan tampaknya akupuntur telah menjadi metode pilihan.

Pada tahun 2006, peneliti dari University Medical Center di Berlin berfokus pada pasien dengan nyeri punggung kronis. Mereka menemukan bahwa mereka yang telah mengalami perawatan akupuntur selama delapan minggu melaporkan perbedaan rasa sakit yang signifikan jika dibandingkan dengan pasien lain yang tidak menerima perawatan apa pun.

Migrain

Migrain bisa sangat menyakitkan dan membuat tubuhmelemahkan. Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengatasi gejala migrain.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews, para peneliti menemukan bahwa menggunakan akupuntur untuk membantu mengobati gejala migrain membantu meringankan nyeri migrain dan mengurangi frekuensi episode. Tampaknya menerapkan akupuntur ke titik-titik tekanan yang ditemukan di bagian belakang kepala dan leher dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini.

Insomnia

Penting untuk mendapatkan jam tidur yang cukup setiap malam. Tidak melakukannya dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Jadi, jika Anda kesulitan untuk tidur, Anda mungkin harus mengunjungi ahli akupuntur setempat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Volume, akupuntur membantu mengurangi gejala insomnia dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik daripada obat tidur yang diresepkan.

BACA JUGA  Vertigo: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Pemulihan Kanker

Efek samping yang datang dengan pengobatan kanker, terutama kemoterapi, pasti bisa berdampak buruk pada tubuh. Efek samping ini berkisar dari kehilangan nafsu makan dan kelelahan hingga diare dan mual serta muntah. Namun, National Cancer Institute telah menyarankan bahwa akupuntur dapat membantu mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Supportive Care in Cancer, penggunaan akupuntur membantu meningkatkan kekebalan sekaligus mencegah penurunan jumlah sel sehat.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....