Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh – Beberapa orang menganggap memasukkan jarum tipis ke dalam berbagai titik seperti sebuah penyiksaan. Namun sebenarnya ini adalah praktik populer yang disebut akupuntur yang terus berkembang populer di seluruh dunia.

Faktanya, aspek Pengobatan Cina Tradisional (TCM) ini sudah ada lebih dari 2000 tahun yang lalu. Sekarang dicari karena telah dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Utama Akupuntur Untuk Kesehatan Tubuh

Sakit kronis

Sakit kronis memang sulit untuk disembuhkan, seringkali orang mencari metode alternatif dalam hal untuk mengatasi nyeri dan tampaknya akupuntur telah menjadi metode pilihan.

Pada tahun 2006, peneliti dari University Medical Center di Berlin berfokus pada pasien dengan nyeri punggung kronis. Mereka menemukan bahwa mereka yang telah mengalami perawatan akupuntur selama delapan minggu melaporkan perbedaan rasa sakit yang signifikan jika dibandingkan dengan pasien lain yang tidak menerima perawatan apa pun.

- Advertisement -

Migrain

Migrain bisa sangat menyakitkan dan membuat tubuhmelemahkan. Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengatasi gejala migrain.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews, para peneliti menemukan bahwa menggunakan akupuntur untuk membantu mengobati gejala migrain membantu meringankan nyeri migrain dan mengurangi frekuensi episode. Tampaknya menerapkan akupuntur ke titik-titik tekanan yang ditemukan di bagian belakang kepala dan leher dapat membantu mengurangi gejala-gejala ini.

Insomnia

Penting untuk mendapatkan jam tidur yang cukup setiap malam. Tidak melakukannya dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Jadi, jika Anda kesulitan untuk tidur, Anda mungkin harus mengunjungi ahli akupuntur setempat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Volume, akupuntur membantu mengurangi gejala insomnia dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik daripada obat tidur yang diresepkan.

BACA JUGA  Jutaan Orang Tak Menyadari Kasiat Bawang Putih Baik Bagi Kesehatan Jantung

Pemulihan Kanker

Efek samping yang datang dengan pengobatan kanker, terutama kemoterapi, pasti bisa berdampak buruk pada tubuh. Efek samping ini berkisar dari kehilangan nafsu makan dan kelelahan hingga diare dan mual serta muntah. Namun, National Cancer Institute telah menyarankan bahwa akupuntur dapat membantu mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Supportive Care in Cancer, penggunaan akupuntur membantu meningkatkan kekebalan sekaligus mencegah penurunan jumlah sel sehat.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...