Manfaatkan Akupuntur Untuk Latihan Kekuatan – Akupuntur adalah salah satu terapi yang paling sering digunakan dalam pengobatan komplementer dan alternatif saat ini. Berasal dari China ribuan tahun yang lalu, akupuntur dengan cepat menjadi terapi alternatif yang layak untuk berbagai kondisi. Akupuntur menggunakan jarum yang dimasukkan ke titik-titik tertentu di tubuh untuk menyeimbangkan aliran energi atau kekuatan hidup (disebut sebagai qi atau chi).

Manfaatkan Akupuntur Untuk Latihan Kekuatan

Sebuah studi di European Journal of Applied Physiology menyelidiki penggunaan akupuntur pada kekuatan otot, tenaga, dan daya tahan pada atlet. Peneliti menguji 33 atlet, dibagi menjadi 3 kelompok untuk menerima akupuntur, akupuntur palsu, dan akupuntur laser plasebo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengobatan akupuntur memang meningkatkan kekuatan yang diukur oleh para peneliti. Secara keseluruhan peneliti menyimpulkan bahwa efek jangka pendek dan panjang dari akupuntur sebagai pengobatan alternatif harus diselidiki lebih lanjut.

DIDUKUNG OLEH:

Penelitian ini mendukung pendekatan pikiran tubuh untuk melatih dan merehabilitasi atlet dengan memeriksa modalitas alternatif. Penelitian selanjutnya harus dilakukan dan dievaluasi untuk menilai apakah peningkatan kekuatan ini juga dapat meningkatkan kinerja atletik atau tidak.

Saat ini banyak praktisi akupuntur yang menawarkan berbagai kemudahan. Sangat disarankan untuk memilih praktisi akupuntur yang sudah berpengalaman. Karena pengalaman dari mereka akan membuat keefektifan akupuntur meningkat. Di Indonesia sendiri, pengobatan akupuntur sudah mulai populer.

Biasanya, sebelum melakukan akupuntur, pasien perlu berkonsultasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar nantinya praktisi bisa mengetahui apa yang menjadi permasalahan pasien. Sehingga bisa menentukan rencana pengobatan yang akan dilakukan nantinya. Ini penting agar hasil yang diperoleh bisa maksimal dan masalah kesehatan bisa diatasi segera. Akupuntur cocok untuk siapapun yang ingin sembuh secara maksimal.

BACA JUGA  Akupuntur Lebih Efektif Atasi Migrain Dibanding Obat

Akupuntur banyak digunakan oleh atlet untuk menjaga kondisi mereka. Selain itu, masalah cedera yang biasanya dialami atlet juga bisa disembuhkan. Namun memang akupuntur tidak bisa instan dalam mengobati pasien. Dibutuhkan waktu tertentu untuk merakan manfaat dari pengobatan ini. Maka dari itu, akupuntur disarankan sebagai pengobatan alternatif.