Masalah gangguan pendengaran merupakan hal penting yang harus segera diatasi. Karena, jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Atasi Masalah Gangguan Pendengaran Dengan Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu jenis metode pengobatan yang bersifat tradisional dan turun temurun dari Cina kuno. Terapi ini sudah digunakan sejak zaman dulu dan dipercaya masyarakat sembuhkan penyakit.

Akupuntur, terapi yang memiliki ciri khusus yakni dengan jarum tipis dan tidak menusuk kulit sebagai alat terapisnya. Stimulasi menggunakan jarum ini pun tidak hanya asal tusuk saja di bagian tubuh.

DIDUKUNG OLEH:

Butuh kemampuan dan pemahaman khusus terkait titik-titik akupuntur yang berhubungan dengan keluhan pasien. Terapi ini juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang dan haruslah steril.

Lalu, bisakah terapi akupuntur digunakan untuk atasi masalah gangguan pada pendengaran? Menurut laporan dari tahun 1940, terapi ini bisa menyembuhkan tuli, tinnitus dan juga SSHL.

Terdapat 12 studi yang ditulis dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine di tahun 2015, yang menjelaskan keamanan dan kemanjuran akupuntur dalam atasi gangguan pendengaran sensorineural.

Dalam studi tersebut menyimpulkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan pendengaran pada pasien SSHL, terlebih lagi jika dikombinasikan dengan penggunaan obat-obatan.

Namun, penelitian masih perlu dilanjutkan karena setiap pengobatan akupuntur bagi penderita gangguan pendengaran selalu dikombinasikan dengan penggunaan obat medis maupun herbal.

Sebuah penelitian di Cina membuktikan bahwa akupuntur dapat mengatasi masalah tuli mendadak dan pasien yang melakukan terapi akupuntur tersebut mendapatkan efek yang signifikan.

Walaupun demikian, keefektifan akupuntur untuk masalah gangguan pendengaran belumlah akurat. Perlu dilakukannya penelitian yang mendalam agar hasil yang dikeluarkan maksimal.

Jadi, terapi akupuntur bisa saja dilakukan sebagai cara alternatif, tetapi sebelum melakukannya, Anda harus mengkonsultasikannya dulu pada ahli terkait kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA  Jarum Akupuntur Di Kepalanya, Wanita Ini Bikin Heboh

Jika belum cocok dan tidak mendapatkan hasil yang signifikan dengan akupuntur saja, kombinasi dengan obat medis atau herbal juga bisa dicoba sebagai penunjang kesembuhan.

Terapi ini tidak boleh dilakukan sembarang orang, dan jika masalah semakin parah, periksakanlah diri ke dokter THT atau yang khusus menangani masalah gangguan pada telinga.