Masalah Gigi yang Paling Sering Terjadi & Penyebabnya

Gigi yang bermasalah kerap kali menjadi pengganggu dan perusak mood. Hal ini dikarenakan gejala yang dialami penderita cukup menyebalkan. Mulai dari bau mulut, linu hingga rasa nyeri. Nah, masalah gigi sendiri bisa timbul kapan saja, selama kurang menjaga kesehatan gigi.

Sementara itu, ada beberapa masalah gigi yang paling sering menyerang kondisi gigi. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada gigi dan penyebabnya.

Masalah-masalah Gigi yang Sering Terjadi

Meski sering atau umum terjadi tapi masalah-masalah gigi ini tidak bisa disepelekan. Hal ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah-masalah yang lebih serius.

  1. Plak Gigi

Plak gigi ini merupakan sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel dan mengeras pada gigi. Umumnya, plak gigi berwarna kuning, namun jika terus dibiarkan akan menjadi menghitam dan lebih sulit untuk dihilangkan. Selain itu, plak gigi juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau akibat bakteri-bakteri yang menempel di gigi.

Penyebabnya sendiri karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Misalnya, jarang gosok gigi, jarang periksa ke dokter gigi, sering makan makanan yang manis dan jarang makan buah dan sayur.

  1. Gigi Berlubang

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya masalah gigi berlubang. Sehingga, masalah ini kerap kali dibiarkan. Padahal gigi berlubang jika dibiarkan dapat memicu penyakit yang lebih serius. Hal ini dikarenakan gigi berlubang berkaitan erat dengan saraf.

Sementara itu, penyebab gigi berlubang dikarenakan adanya banyak bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bakteri tersebut menghasilkan asam yang dapat mengikis dan membuat gigi berlubang.

Faktor lain yang dapat memicu gigi berlubang adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan manis. Hal ini dikarenakan makanan manis yang mengandung gula menjadi makanan bakteri. Jika gigi berlubang sudah parah, maka dapat menimbulkan nyeri hingga infeksi dan kehilangan gigi.

  1. Erosi Gigi

Erosi gigi merupakan sebuah kondisi dimana lapisan enamel terkikis oleh asam. Enamel sendiri merupakan lapisan paling luar yang berfungsi fungsi melindungi dentin gigi. Sehingga apalagi lapisan tersebut menipis atau hilang maka akan membuat dentin terpapar dan gigi pun menjadi sensitif.

BACA JUGA  Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Penyebab erosi gigi, bisa disebabkan karena sering mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung asam sitrat dan kadar fosfor tinggi, makanan tinggi gula dan pati, dan faktor lingkungan (terjadi gesekan dan korosi gigi).

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...