Akupuntur tidak hanya bisa digunakan untuk atasi nyeri dan stres saja, terapi ini juga bisa atasi masalah kesuburan. Terapi asal Cina ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Namun, tanpa disadari, terapi ini juga bisa digunakan sebagai upaya untuk mengatasi kesuburan pada seseorang. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mendukung proses reproduksi seperti IUI atau IVF.

Manfaat Akupuntur Atasi Masalah Kesuburan

Akupuntur dilakukan untuk menstabilkan kondisi tubuh seseorang dengan cara menusukkan jarum ke titik tertentu pada tubuh. Pengobatan ini juga sudah dikenal dengan manfaat besarnya untuk mengatasi masalah penyakit.

Selain masalah nyeri, akupuntur juga bisa mengatasi masalah mental seperti stres, depresi dan hal lainnya. Berdasarkan Medical Daily, berikut ini manfaat akupuntur untuk kesuburan:

1. Meningkatkan aliran darah

Akupuntur bisa meningkatkan aliran darah pada ovarium dan uterus. Selain itu, akupuntur juga bisa meningkatkan kualitas dan penerimaan dari lapisan rahim, yang memiliki peran penting dalam implantasi.

2. Menurunkan stres

Akupuntur membantu menekan titik sistem saraf yang menimbulkan rasa rileks pada tubuh. Stres berpengaruh pada kesuburan seseorang, dan dengan akupuntur, kondisi ini bisa diatasi dengan mudah.

3. Menyokong IVF atau In Vitro Fertilization

Akupuntur diklaim dapat meningkatkan kemungkinan implantasi setelah transfer embrio. Sebuah penelitian juga menunjukkan, wanita yang melakukan akupuntur sebulan sebelum menjalani IVF, mengalami tingkat kelahiran lebih tinggi.

4. Meningkatkan ovulasi

Akupuntur juga bisa meningkatkan ovulasi dengan menstimulasi produksi beta-endorfin. Kurangnya atau tidak rutinnya ovulasi, bisa menjadi salah satu masalah kesuburan yang disebabkan PCOS.

Menurut sebuah penelitian, wanita yang menjalani akupuntur selama 10 sampai 13 minggu, mengalami frekuensi ovulasi lebih tinggi walaupun mengalami PCOS.

Selain melakukan terapi akupuntur, masalah kesuburan juga bisa diatasi dengan mengkonsumi makanan dan minuman sehat. Makanan seperti kacang-kacangan dan makanan peningkat kesuburan lainnya juga bisa dikonsumsi sebagai upaya tambahan.

Jadi, akupuntur memang bisa dijadikan pengobatan tambahan untuk meningkatkan kesuburan pada tubuh, khususnya wanita. Bahkan, akupuntur juga bisa menunjang keberhasilan dari program kehamilan seorang wanita