Mayor Chb Saimah, Sosok Terapis Akupuntur Cantik di TNI

Ketika ancaman pandemi Covid-19 merebak, terapi akupuntur untuk mencegah penularan virus corona. Terapi akupuntur dilakukan oleh personil TNI, yakni Mayor Chb Saimah, yang bertugas sebagai Komandan Koramil Simokerto Surabaya Jawa Timur.

Mungkin banyak yang sulit menduga bahwa tentara wanita yang satu ini sangat terampil menggerakkan jarum akupunktur pada pasien.

Ia menyediakan ruangan layanan untuk terapi pengobatan dan penyembuhan dengan metode tradisional itu di tempatnya bertugas di Koramil Simokerto.

Saimah menyebut metode tusuk jarum itu sebagai langkah pencegahan maupun pemulihan bagi pasien Covid-19. Untuk meningkatkan imunitas seseorang, Saimah menusuk tiga jarum di bagian pergelangan kaki.

Sedangkan untuk pemulihan paru – paru ditusuk bagian lengan tangan dengan tiga jarum. Terapi itu dilakukan secara berkala hingga pasien sembuh.

Selain mencegah dan memulihkan pasien covid 19, beragam penyakit juga bisa disembuhkan dengan cara tusuk jarum itu.

Salah satunya menghilangkan rasa nyeri di dada akibat sakit jantung, yang dialami oleh Muhammad Nasir. Setelah terapi akupuntur di koramil, Muhammad Nasir mengaku rasa nyeri itu berkurang.

Mayor Saimah akupuntur 2

Bermula dari Hobi Saimah di Dunia Kesehatan dan Kecantikan

Dilansir dari Kompas, sejak kanak-kanak Saimah sudah menggemari dunia kesehatan dan kecantikan. Dia akhirnya berkesempatan mengikuti kursus kecantikan setelah lulus Secaba Kowad dan dinas adalah sebagai pramugari haji.

Karena punya keahlian di bidang tata rias wajah dan rambut, tak jarang teman-teman mess memintanya untuk memotong rambut, bahkan creambath. Saat mutasi ke Bali, ia pun belajar spa dan mengolah herbal pada ibu angkatnya.

Ibu dari 3 anak tersebut, pada tahun 2008 kembali bertugas di Jakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan sebagai terapis akupuntur, akupresur, refleksi, bekam, gurah dan sebagainya.

BACA JUGA  5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang BPJS Kesehatan

Saat tugas belajar ke Amerika pada tahun 2010 selama enam bulan, Mayor Saimah pun mengenalkan terapi akupuntur yang ia pelajari kepada masyarakat Amerika. “Penghargaan yang mereka berikan ke saya luar biasa. Saya sampai kaget dengan respon mereka,” jelasnya.

Hingga akhirnya pada tahun 2013 dia berkesempatan bergabung dengan kontingen Garuda ke Lebanon selama setahun dan melakukan misi sosial melakukan pengobatan terapi kepada masyarakat di sana. Selama setahun dia melakukan terapi pada 2.200 an masyarakat di Lebanon.

“Di sana ada 23 negara yang bergabung dan saya bersyukur bisa mengambil bagian dan itu pengalaman yang paling mengesankan bagi saya. Sampai saat ini saya masih sering berkomunikasi dengan mereka,” ceritanya.

Rata-rata pasien yang ia tangani di Lebanon adalah mereka yang stres berkepanjangan karena perang dan mengkonsumsi obat obatan secara terus menerus untuk menekan stres mereka. Saimah juga mengaku mengajarkan keahliannya kepada tenaga kerja wanita yang akan dipulangkan ke tanah air.

“Ada ribuan tenag kerja wanita di sana yang menunggu kepulangan ke Indonesia. Mereka banyak depresi ya akhirnya saya ajak saja mereka buat belajar pijat reflesi totok wajah sebagai modal awal dan juga mengurangi stres mereka,” ungkapnya.

Perempuan yang kembali tanah kelahirannya dan bertugas di Kodim 0825 Banyuwangi sejak Mei 2015 tersebut mengaku bercita-cita bisa memberikan pelayanan terapi kesehatan kepada seluruh masyarakat Banyuwangi secara gratis terutama di daerah pelosok. Namun selama ini terkendala dengan jarum akupuntur yang masih harus ia beli.

“Di hadapan Tuhan semuanya sama tidak ada bedanya laki-laki dan perempuan. Dan selama ini saya nyaman dan tidak ada masalah, Walaupun terkesan keras dan maskulin tetap tetap terlihat cantik dan bugar kan,” sebut perempuan yang hobi berlari tersebut sambil tersenyum. [EB]

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Untuk Atasi Masalah Kesuburan

TERBARU

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung. Namun, sampai saat ini, para...