Melakukan akupuntur hilangkan kelembaban tubuh merupakan salah satu manfaat dari terapi asal Cina ini. Menurut pengobatan Tradisional Cina, terdapat 6 hawa beracun, yaitu gerah, panas, api, lembab, dingin dan angin.

Melakukan Akupuntur Hilangkan Kelembaban Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hawa lembab merupakan salah satu hawa beracun yang harus dihilangkan dari tubuh. Hawa beracun yang terlalu besar dapat menimbulkan kondisi tidak sehat pada diri seseorang.

Kondisi tersebut seperti, kurang bersemangat, mengantuk atau kelelahan dan jika hawa lembab bereaksi dengan hawa beracun di luar tubuh, maka tubuh akan mudah terserang penyakit.

DIDUKUNG OLEH:

Lalu, darimana asal hawa lembab datang? Hawa beracun ini bisa terjadi karena kebiasaan Anda mandi larut malam dan beranjak tidur dengan rambut yang tidak dikeringkan.

Selain itu, kondisi ketika setelah berolahrga langsung mandi dan tidak mengeringkan keringat juga menimbulkan hawa lembab mudah masuk ke dalam tubuh.

Di masa ini, masyarakat jarang mengkonsumsi sayuran dan hal ini bisa menyebabkan hawa lembab tidak tersalur dengan sempurna. Seseorang yang memiliki hawa ini, akan mengakibatkan tubuh menjadi berat dan tidak nyaman.

Menurut pengobatan tradisional Cina, hawa lembab merupakan hawa yang paling rumit dan berbahaya. Hawa lembab masuk ke tubuh melalui 5 jalur utama, yaitu:

– Titik akupuntur Da Chui di bagian leher dan pundak
– Titik akupuntur Shan Zhong di bagian dada
– Titik akupuntur Shen Que di bagian pusar
– Titik akupuntur Ming Men di bagian pinggang
– Titik akupuntur Yong Quan di telapak kaki

Lalu, bagaimana cara menghilangkan hawa lembab tersebut? Anda bisa menghilangkannya dengan melakukan pijatan di 2 titik di bawah ini:

1. Titik akupuntur Yin Ling Quan

Titik ini terletak di bagian dalam betis atau pada cekungan bagian belakang bawah sisi dalam tulang kering. Pijat area ini selama 2-3 menit setiap pagi dan malam.

BACA JUGA  Ketahui Penyebab Asam Lambung dan Pencegahannya

2. Titik akupuntur Yong Quan

Terletak di 1/3 dari cekungan bagian depan telapak kaki. Anda bisa menemukannya setelah menekukkan jari kaki. Anda bisa memijatnya selama 3-5 menit di pagi dan malam hari.

Itulah manfaat dari melakukan akupuntur hilangkan kelembaban tubuh yang bisa berbahaya bagi kondisi kesehatan seseorang. Hal ini juga bisa dilakukan dengan ahlinya agar lebih optimal.