Melakukan Akupuntur Saat Berpuasa Boleh Dilakukan?

Bolehkah melakukan akupuntur saat berpuasa? Umat muslim di bulan ini tengah menjalani puasa ramadhan yang selalu hadir setiap tahun. Diwajibkan bagi umat muslim untuk berpuasa jika sudah baligh. Lalu, bisakah akupuntur dilakukan saat berpuasa?

Hukum Melakukan Akupuntur Saat Berpuasa

Saat berpuasa, seseorang bagi yang muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus dari waktu imsak hingga magrib. Seringkali saat berpuasa seseorang mengalami serangan mual, atau bahkan muntah.

Gejala ini bisa jadi diakibatkan karena lambung yang kosong sehingga asam lambung naik. Untuk mengobatinya jelas saja orang yang sedang menjalani puasa membutuhkan waktu untuk meminum obat.

Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan selain mengonsumsi obat, jadi puasa tidak akan batal. Namun, menggunakan teknik pengobatan ini juga belum tentu dibolehkan saat berpuasa karena banyaknya pro dan kontra.

- Advertisement -

Bagi seseorang yang sedang berpuasa dan sering melakukan akupuntur, mungkin orang tersebut akan memercayakan terapi ini untuk mengobati masalah kesehatannya saat sedang berpuasa seperti mual dan muntah.

Namun, seringkali sebagian orang ragu untuk melakukan terapi ini karena takut memicu efek lapar dan haus atau bisa membatalkan puasa. Ada yang bilang terapi akupuntur tak boleh dilakukan karena takut membatalkan puasa.

Tapi, menurut Ustadz Mukhsin Suaidi, selagi tidak ada efek samping, terapi ini boleh saja dilakukan. Ditambah lagi terapi ini juga sudah diakui oleh WHO sehingga terapi ini terpercaya keefektifannya.

Bagi orang yang bilang bahwa akupuntur tidak boleh dilakukan karena menyuntikkan sesuatu ke dalam tubuh, hal ini jelas saja tidak benar. Karena, akupuntur tidak berfungsi memasukkan cairan atau selang ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, menurut Ustadz Mukhsin Suaidi akupuntur tetap sah digunakan secara puasa dan tidak akan membatalkan puasa Anda. Perlu diketahui, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari terapi ini.

BACA JUGA  Meniruskan Pipi Yang Tembam Dengan Terapi Akupuntur

Salah satu manfaat yang didapat dari terapi akupuntur adalah mengatasi masalah lambung, contohnya seperti gejala mual dan muntah serta masalah sakit kepala dan pusing. Terapi ini juga bisa menambah energi tubuh.

Biasanya saat berpuasa seseorang akan merasa lemas, dan terapi inilah yang membantu membugarkan tubuh. Namun, untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan jasa terapis terpercaya.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...