Demam biasanya terjadi akibat dari reaksi kekebalan tubuh yang menurun. Melakukan pijat refleksi sebagai upaya untuk mengobati kondisi ini juga bisa dilakukan.

Selain berobat ke dokter, akupuntur juga bisa dijadikan pengobatan alternatif yang lebih mudah dan bebas dari penggunaan obat-obatan untuk redakan demam tubuh.

Melakukan Pijat Refleksi Untuk Atasi Demam

Demam bisa terjadi karena respon dari kekebalan tubuh yang menurun. Hal ini juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Seseorang mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius.

DIDUKUNG OLEH:

Demam terjadi sebagai reaksi balik dari tubuh ketika sedang melawan bakteri, virus atau parasit yang menyerang tubuh. Demam biasanya penyerta ketika mengalami batuk, influenza, radang tenggorokan, diare, cedera otot dan lainnya.

Pengobatan medis biasanya cara yang sudah biasa dilakukan untuk mengobati keluhan ini, tentu saja pasien juga akan bergantung dengan obat yang diresepkan dokter untuk menyembuhkan demam.

Pijat refleksi merupakan salah satu cara yang bisa dilalui untuk mengobati demam. Dengan melakukan cara ini, penyembuhan bisa lebih cepat dan bisa meringankan kondisi yang terjadi.

Metode pengobatan ini bisa dilakukan pada anak-anak maupun dewasa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Titik pijat untuk redakan demam terdapat di area tubuh berikut ini:

– Kaki

Titik refleksi untuk meredakan demam yang pertama ialah di area kaki, lebih tepatnya di area telapak kaki dan punggung kaki. Lakukan pijatan pada setiap titik selama 2 menit.

– Titik akupresur demam

Titiknya terletak di otot antara ibu jari dan jari telunjuk, dan titik saraf di bagian siku atas lipatan. Anda bisa memijatnya dengan tekanan sedang dan perlahan.

Titik akupresur juga ada di bagian otot pundak sebelah kanan dan kiri, dan juga di sebelah tulang belikat atas kanan dan kiri. Setelah melakukan pijatan, usahakan untuk meminum air mineral.

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Kesehatan Otak Dan Tubuh Manusia

Melakukan pijat refleksi merupakan langkah lain selain menggunakan obat medis untuk mengobati demam. Selain itu, pijatan ini juga lebih aman dilakukan dan tidak memiliki efek samping.