Melakukan pijatan akupresur memiliki manfaat yang sama dengan akupuntur, yakni sebagai langkah pengobatan untuk redakan sakit di tubuh. Pijat akupresur juga sudah digunakan sejak dulu, sama dengan akupuntur.

Manfaat Melakukan Pijatan Akupresur Bagi Tubuh

Akupresur merupakan terapi pengobatan yang berasal dari Cina. Terapi ini sama dengan akupuntur, hanya saja dalam praktiknya tidak menggunakan jarum. Akupresur hanya mengandalkan sentuhan jari pada area tertentu.

Sentuhan jari dengan titik tertentu tersebut tidak sembarang dilakukan. Ahli pijat harus mengetahui letak dan meridian yang terhubung dengan sumber masalah penyakit yang diderita.

DIDUKUNG OLEH:

Terapi akupresur relatif aman dilakukan karena tidak akan menimbulkan pendarahan seperti akupuntur. Selain itu, pengobatan ini juga aman dilakukan bagi pasien yang mengalami ketakutan pada jarum.

Akupresur juga bisa dilakukan sendiri di rumah, namun butuh pemahaman khusus jika ingin melakukannya sendiri. Hal ini bertujuan agar penyembuhan tepat sasaran dan tidak menimbulkan efek nyeri di area yang salah.

Berikut ini beberapa manfaat akupresur bagi kesehatan tubuh, yaitu:

– Melakukan akupresur di sekitar pergelangan tangan

Anda bisa menekan titik Neiguan untuk mengatasi mual dan muntah. Anda bisa menemukannya dengan meletakkan 3 jari secara melintang di pergelangan tangan. Setelah itu, letakkanlah ibu jari di bawah jari telunjuk, lalu tekan area tersebut selama 3 menit.

– Akupresur sederhana untuk atasi insomnia

Masalah sulit tidur juga bisa diatasi dengan akupresur. Titiknya terletak di belakang telinga. Tekan area ini selama 15 menit, tubuh pun akan menjadi rileks dan mengantuk.

– Kram haid

Kram saat datang bulan juga bisa diatasi dengan akupresur. Titiknya terletak 2 jari di bawah pusar, titik ini disebut dengan “Sea of Energy”. Anda bisa menekan titik ini selama 5 menit untuk meredakan nyeri haid dibandingkan dengan mengkonsumsi obat.

BACA JUGA  Terapi Pengobatan Akupuntur Untuk Asam Lambung

– Untuk nyeri dan bengkak pada pergelangan kaki

Titik ini terletak di satu jari di bawah tumit. Titik ini disebut juga dengan istilah “Illuminated Sea Point”. Anda bisa menekan titik ini di kaki kanan dan kiri secara bersamaan.

Keempat manfaat dari melakukan pijatan akupresur di atas bisa Anda coba dengan aman. Tentunya hal ini juga bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain yang lebih paham.