Terapi akupuntur memiliki manfaat yang beragam untuk tubuh, termasuk membantu tidur nyenyak. Hal ini tentu bermanfaat bagi orang yang terkena insomnia.

Akupuntur Untuk Membantu Tidur Nyenyak

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional Cina yang sudah diakui oleh dunia. Terapi ini merupakan budaya warisan Cina yang kini sudah tersebar luas di berbagai negara.

Ciri khas dari akupuntur adalah alat yang digunakan dalam terapi, yaitu sebuah jarum khusus yang didesain sebisa mungkin agar tidak melukai kulit dan menimbulkan rasa sakit.

DIDUKUNG OLEH:

Terapi akupuntur memiliki manfaat yang besar di dunia kesehatan, berbagai macam keluhan nyeri, masalah fisik hingga psikis seseorang dan juga terapi untuk bantu ibu yang sedang promil hingga melahirkan.

Menurut beberapa sumber, terapi ini juga aman dilakukan dari bayi hingga lansia. Namun, hal ini tentu saja harus berdasarkan dari persetujuan sang terapis dan kondisi tubuh pasien yang bersangkutan.

Dari banyaknya manfaat yang didapat dari akupuntur, gangguan tidur atau insomnia adalah salah satu masalah yang bisa diatasi hanya dengan melakukan terapi ini.

Menurut dr. Darwin Harpin, Sp. Ak yang merupakan seorang spesialis akupuntur medik mengatakan bahwa akupuntur adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk obati insomnia.

Terapi ini bisa mengatasi masalah insomnia pada remaja hingga lansia. Karena, akupuntur memberikan efek relaksasi dan kebugaran pada tubuh seperti tubuh terasa segar kembali setelah terapi.

Terapi ini juga bisa meredakan stres dan menenangkan pikiran yang bisa menjadi salah satu faktor penyebab sulit tidur pada seseorang. Jadi, akupuntur bisa membantu seseorang untuk tidur dengan nyenyak.

Akupuntur di bagi menjadi 2 macam, yaitu akupuntur tradisional dan akupuntur medik. Akupuntur tradisional bisa dilakukan oleh siapa saja namun dengan catatan orang tersebut memiliki pengetahuan mendalam tentang akupuntur.

BACA JUGA  Cara Menangani Anemia Dengan Terapi Akupuntur

Sedangkan akupuntur medik, dilakukan oleh dokter atau seorang spesialis yang sudah mempelajari terapi akupuntur dalam pendidikannya dan telah tersertifikasi.

Jadi, terapi akupuntur tidak boleh dilakukan oleh orang yang tidak punya pengalaman di bidang ini, karena jika asal memberikan terapi, khawatir akan muncul masalah pada pasien.