Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus agar buah dan sayuran menjadi lebih enak dan menarik untuk dikonsumsi.

Nah, meski terdengar sepele, dalam membuat jus, sayur dan buah yang digunakan harus tetap diolah dengan benar. Karena kalau tidak, bisa-bisa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya akan rusak dan manfaat yang kamu dapatkan kurang maksimal.

Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan alat khusus, kok! Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan Buah dan Sayur yang Segar

Langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk membuat jus adalah menyiapkan buah atau sayur yang akan diolah. Agar rasa dan nutrisi yang didapatkan menjadi lebih maksimal, sebaiknya kamu hanya menggunakan buah dan sayur yang segar saja.

Kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan sayur dan buah yang dibudidayakan secara organik agar tidak ada kontaminasi bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Cuci Sayur dan Buah Hingga Bersih

Meski kamu membelinya dari supermarket atau bahkan memetik langsung buah dan sayurnya dari kebun, pastikan kalau mereka dicuci dengan bersih sebelum kamu masukkan ke dalam blender. Pasalnya dilansir dari laman hellosehat, buah dan sayur mentah yang bisa mengandung bakteri berbahaya di bagian permukaannya.

Untuk mencucinya, kamu hanya perlu menggunakan air mengalir dan menggosok-gosok permukaan buah dan sayur dengan tangan untuk selanjutnya ditiriskan dan disimpan ke tempat yang bersih.

3. Kupas Kulit Buah dan Sayur yang digunakan

Agar bahan-bahan yang kamu gunakan dalam membuat jus benar-benar bersih dari bakteri dan kotoran, maka kamu perlu mengupas kulit buah dan sayur dengan benar.

BACA JUGA  Tips Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kamu juga perlu memperhatikan bagian daging buahnya, jika ada yang rusak, maka bagian tersebut harus dibuang agar jus yang dihasilkan nanti menjadi lebih sehat dan lezat.

Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis buah dan sayur yang sebaiknya diblender langsung bersama kulitnya seperti apel, anggur, timun, dan tomat.

4. Kurangi Pemanis Tambahan

Pada buah dan sayuran segar biasanya sudah terdapat rasa yang khas dan nikmat ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak pemanis di dalam jus yang kamu buat.

Selain itu, penggunaan pemanis berlebihan justru akan menambah jumlah kalori jus yang bisa membawa dampak buruk pada kesehatan seperti memicu obesitas dan diabetes. Kalau kamu ingin rasa jusnya lebih manis, cukup tambahkan sedikit gula dan biarkan rasa asli buah dan sayur mendominasi sisanya.

5. Gunakan Alat yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali pilihan alat dalam membuat jus mulai dari blender sederhana hingga blender canggih bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko elektronik.

Namun, pada beberapa alat pembuat jus, terkadang mereka membuang ampas hasil olahan dan hanya menyisakan airnya saja. Hal ini merupakan salah satu kekeliruan yang terjadi karena cairan jus hanya mengandung sari buahnya saja, sedangkan untuk mendapatkan serat kamu harus tetap mempertahankan ampas yang dihasilkan oleh jus.

Setelah jus berhasil dibuat, jangan lupa untuk segera menghabiskannya, ya! Karena biasanya jika terlalu lama dibiarkan, kandungan manfaat yang terdapat di dalam jus akan semakin menurun.[ms]

Referensi:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-membuat-jus-buah-sayur
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-kesalahan-membuat-jus-yang-bisa-membahayakan-kesehatan

 

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Opium Sebagai Obat Tradisional yang Efektif

Dalam sejarahnya, masyarakat di seluruh dunia telah secara sengaja...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...