Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan Asia, terutama di negara seperti Korea Selatan dan Indonesia. Menurut laman Kompas.com, Korea Selatan menjadikan ginseng sebagai andalan kultur herbal hingga kini. Ginseng memiliki bentuk akar yang mengingatkan pada sepasang kaki manusia. Dalam literatur klasifikasi tanaman, ginseng memiliki nama Latin famili araliaceae atau ginseng-ginsengan sebagai tumbuhan berbunga.

Sejak abad pertama Sebelum Masehi, ginseng sudah dikenal sebagai obat-obatan herbal. Ginseng diklaim sebagai obat mujarab untuk berbagai penyakit mulai dari kanker, disfungsi ereksi, nyeri sendi, pusing, anemia, hingga insomnia dan konon HIV/AIDS. China Kuno adalah rujukan untuk asal-muasal ginseng. Pada perkembangan selanjutnya, ginseng yang berkembang ke kawasan Asia seperti di Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan Indonesia menjadi andalan pengobatan herbal.

Ginseng juga berkembang penanamannya di kawasan Amerika Utara. Ekstrak ginseng menjadi bahan baku utama dalam khazanah pengobatan herbal yang berkembang. Ginseng kemudian berkembang sebagai racikan herbal untuk campuran pada berbagai minuman jamu tradisional, termasuk kopi.

Di Indonesia, racikan kopi dengan ginseng dipercaya sebagai bahan untuk menjaga kebugaran dan penghilang kantuk sebagaimana CNI Ginseng Coffee yang sudah rilis sejak 1994. Product Marketing Manager CNI, Jane Kurnia menyatakan bahwa racikan tersebut terdiri dari kopi arabika dan robusta, ekstrak ginseng, dan krimer nabati berkualitas.

Selain digunakan sebagai obat, ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kecantikan. Ekstrak ginseng dapat digunakan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit seperti krim, lotion, dan serum. Menurut penelitian, ekstrak ginseng dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan tekstur kulit. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

BACA JUGA  Prinsip Dasar Akupuntur Yang Harus Diketahui

Selain digunakan dalam produk perawatan kulit, ginseng juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau ditambahkan dalam minuman seperti kopi. Dalam kopi ginseng, ginseng dapat membantu menjaga kebugaran dan mengurangi kantuk. Ginseng juga dapat digunakan dalam berbagai produk lainnya seperti minyak pijat, sampo, dan sabun.

Ginseng juga digunakan dalam produk-produk perawatan rambut. Produk ini mengandung ekstrak ginseng yang dapat memperkuat akar rambut dan mengurangi kerontokan. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dapat memperbaiki kualitas rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ginseng juga dapat digunakan dalam produk perawatan kuku, yang dapat memperkuat kuku dan mengurangi keriput pada kuku.

Selain itu, ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan umum. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kinerja fisik dan mental, serta mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan ginseng harus dalam dosis yang tepat dan dikonsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan medis atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Beberapa efek samping dapat terjadi jika dosis yang digunakan terlalu tinggi atau jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...