Menderita Luka Di Paru-paru Setelah Terapi Akupuntur

Menderita luka di paru-paru saat sedang melakukan terapi akupuntur. Hal ini terjadi di Selandia Baru, seorang wanita yang berniat untuk mengobati cedera di lengan dan tangannya.

Niat dari wanita tersebut hanyalah mengobati lukanya, namun karena kecerobohan dari akupunturis yang mengobatinya, wanita tersebut menjadi menderita luka di paru-parunya.

Kecerobohan Dari Akupunturis Hingga Menderita Luka Di Paru-paru

Wanita asal Selandia Baru menderita luka tusuk di bagian paru-parunya karena kecerobohan yang dilakukan seorang ahli akupuntur. Ahli akupuntur tersebut terlalu dalam menusukkan jarum ke area bahu pasiennya.

Hal ini terjadi saat pasien tersebut sedang mengobati cedera di bagian tangannya. Namun, kejadian ini tidak ia sangka, karena ahli akupuntur tersebut kurang ahli dalam melakukan terapi tersebut.

Menurut laporan, pasien tersebut mendadak mengalami nyeri di bagian dada dan sesak nafas. Saat itu pula, akupunturis tersebut langsung mencabut semua jarum yang ada di tubuhnya hingga kondisi wanita tersebut merasa membaik.

Namun, saat di rumah ia merasakan keluhan lagi di bagian dadanya. Sehingga suaminya membawa ia ke UGD dan wanita itu didiagnosis menderita pneumotoraks apikal bilateral.

Kondisi tersebut menggambarkan adanya udara yang bocor ke ruang antara paru-paru dan dinding dada. Ahli akupuntur tersebut pun dikecam karena tidak menyadari telah melukai paru-paru wanita tersebut.

Di tahun 2013, peneliti di Denmark meminta perhatian lebih tentang potensi cedera paru-paru akibat dari terapi akupuntur. Hal ini tentu saja tidak menilai bahwa akupuntur tidak patut untuk dijadikan cara pengobatan.

Akupuntur memang memiliki manfaat yang begitu besar dalam hal mengobati penyakit di tubuh seseorang. Sehingga, sebagian besar masyarakat di dunia sudah memercayai keefektifan akupuntur.

BACA JUGA  Perawatan Kecantikan Alami, Selvi Kitty Pilih Terapi Akupuntur

Namun, walaupun terapi ini aman untuk dilakukan, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi efek samping yang dirasakan. Biasanya keluhan atau masalah yang ditimbulkan dari terapi ini berasal dari kecerobohan ahli akupuntur tersebut.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan terapi akupuntur, pilihlah tempat dan ahli yang terpercaya. Karena hal ini berpengaruh pada jalannya terapi dan kondisi tubuh nantinya.

Kesalahan akupunturis hingga pasien menderita luka di paru-paru ini tentu saja bisa dijadikan pelajaran, agar bisa memilih terapis yang profesional dan tidak sembarangan melakukan pengobatan.

TERBARU

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....