Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ?

Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ? – Anda mungkin berpikir akupuntur adalah pengobatan yang aneh bahkan tidak biasa. Tetapi semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengobati kondisi yang memengaruhi semua orang dari waktu ke waktu berkaitan dengan kecemasan.

Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ?

Pengobatan Tiongkok kuno menggambarkan kekuatan energi yang disebut Qi yang mengatur kesehatan tubuh secara keseluruhan, menurut University of Chicago Medicine. Seperti darah dalam sistem peredaran darah, Qi bergerak ke seluruh tubuh melalui jalur yang disebut meridian.

Ketika faktor-faktor seperti cedera, stres, gizi buruk, atau perubahan lingkungan mengganggu aliran Qi, masalah kesehatan menyusul, menurut University of Miami Health System. Dengan memasukkan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh, ahli akupuntur mengembalikan keseimbangan Qi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, lapor University of Chicago Medicine.

Konsep ini mungkin tampak ketinggalan jaman bagi sebagian orang, tetapi Daniel Hsu, DAOM (Dokter Akupuntur dan Pengobatan Oriental), LAc, seorang praktisi di Akupuntur AcuHealth New York di New York City, mengatakan Qi hanyalah metafora untuk fungsi metabolisme, atau reaksi kimia terus-menerus terjadi di tubuh.

- Advertisement -

Dalam prakteknya, ahli akupuntur memasukkan setiap jarum setengah milimeter dari saraf, Dr. Hsu menjelaskan. Tergantung ke mana jarumnya ditancapkan, akupuntur dapat menyebabkan sistem saraf memproduksi bahan kimia pereda nyeri.

Kemudian bisa melejitkan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri, atau merangsang bagian otak yang mengontrol emosi, termasuk kecemasan. Semua hasil ini, tambah Hsu, dapat membantu orang merasa lebih seimbang dan mengobati berbagai penyakit.

Akupuntur semakin populer sejak tahun 1970-an hanya karena berhasil, dan sekarang ada penelitian yang berkembang yang mendukung keefektifannya untuk kecemasan dan kondisi mental lainnya.

BACA JUGA  Akupuntur Banyak Disukai Penggemar Olahraga

Misalnya, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online pada Oktober 2013 di Journal of Acupuncture and Meridian Studies, siswa yang menjalani sesi akupuntur 20 menit ditemukan memiliki lebih sedikit kecemasan dan memori yang lebih baik segera setelahnya dibandingkan mereka yang tidak menjalani akupuntur, sumber everydayhealth.com.

Mengapa ini berhasil? Eshkevari menjelaskan bahwa keadaan eksternal di luar kendali Anda dapat memicu kecemasan Anda dan akupuntur memungkinkan tubuh Anda untuk mengambil kendali kembali.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...