Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ?

Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ? – Anda mungkin berpikir akupuntur adalah pengobatan yang aneh bahkan tidak biasa. Tetapi semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengobati kondisi yang memengaruhi semua orang dari waktu ke waktu berkaitan dengan kecemasan.

Mengapa Akupuntur Bisa Meredakan Kecemasan ?

Pengobatan Tiongkok kuno menggambarkan kekuatan energi yang disebut Qi yang mengatur kesehatan tubuh secara keseluruhan, menurut University of Chicago Medicine. Seperti darah dalam sistem peredaran darah, Qi bergerak ke seluruh tubuh melalui jalur yang disebut meridian.

Ketika faktor-faktor seperti cedera, stres, gizi buruk, atau perubahan lingkungan mengganggu aliran Qi, masalah kesehatan menyusul, menurut University of Miami Health System. Dengan memasukkan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh, ahli akupuntur mengembalikan keseimbangan Qi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, lapor University of Chicago Medicine.

Konsep ini mungkin tampak ketinggalan jaman bagi sebagian orang, tetapi Daniel Hsu, DAOM (Dokter Akupuntur dan Pengobatan Oriental), LAc, seorang praktisi di Akupuntur AcuHealth New York di New York City, mengatakan Qi hanyalah metafora untuk fungsi metabolisme, atau reaksi kimia terus-menerus terjadi di tubuh.

Dalam prakteknya, ahli akupuntur memasukkan setiap jarum setengah milimeter dari saraf, Dr. Hsu menjelaskan. Tergantung ke mana jarumnya ditancapkan, akupuntur dapat menyebabkan sistem saraf memproduksi bahan kimia pereda nyeri.

Kemudian bisa melejitkan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri, atau merangsang bagian otak yang mengontrol emosi, termasuk kecemasan. Semua hasil ini, tambah Hsu, dapat membantu orang merasa lebih seimbang dan mengobati berbagai penyakit.

Akupuntur semakin populer sejak tahun 1970-an hanya karena berhasil, dan sekarang ada penelitian yang berkembang yang mendukung keefektifannya untuk kecemasan dan kondisi mental lainnya.

BACA JUGA  Atasi Diabetes dengan Akupuntur dan Terapi Pijat

Misalnya, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online pada Oktober 2013 di Journal of Acupuncture and Meridian Studies, siswa yang menjalani sesi akupuntur 20 menit ditemukan memiliki lebih sedikit kecemasan dan memori yang lebih baik segera setelahnya dibandingkan mereka yang tidak menjalani akupuntur, sumber everydayhealth.com.

Mengapa ini berhasil? Eshkevari menjelaskan bahwa keadaan eksternal di luar kendali Anda dapat memicu kecemasan Anda dan akupuntur memungkinkan tubuh Anda untuk mengambil kendali kembali.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....