Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Mengatasi anemia dengan terapi akupuntur juga bisa dilakukan selain mengkonsumsi obat dari dokter.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Anemia

Anemia atau kurang darah dalam tubuh sering dianggap berpengaruh pada kebugaran tubuh saat puasa. Padahal, penderita anemia lebih baik untuk melakukan puasa karena puasa memang berfungsi untuk menyehatkan tubuh.

Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah kurang dari normal. Gejala yang umum terjadi pada penderita anemia adalah pusing, mudah lelah, pandangan yang berkunang-kunang dan sulitnya berkonsentrasi.

DIDUKUNG OLEH:

Kondisi anemia bisa disebabkan karena pendarahan atau tubuh yang kekurangan asam folat dan B12. Kondisi kesehatan ini bisa diatasi tidak hanya dengan mengkonsumsi obat.

Akupuntur, salah satu terapi tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah anemia. Terapi yang dilakukan bisa berupa prana, pijat refleksi, akupresur dan ramuan herbal.

Tahap pertama, terapis akan melakukan terapi refleksi di titik saraf yang ada di telapak kaki, kening, daun telinga dan area sekitar wajah. Tubuh pasien akan diberi minyak atau krim agar pijatan lebih mudah dilakukan.

Terapi refleksi berguna untuk melancarkan peredaran darah dan juga menambah energi sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Setelah dipijat refleksi, pasien akan diakupresur dengan akar kelapa dan kayu cendana.

Kayu cendana tersebut digunakan untuk menotok bagian saraf pada tubuh pasien. Terapi ini juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mendeteksi penyakit tertentu.

Setelah akupresur, pasien akan diterapi dengan prana. Metode ini memanfaatkan energi kehidupan dari alam. Langkah pengobatan prana yaitu pendeteksian, pembersihan energi negatif dan pemberian energi positif.

Terapi ini akan dilakukan pada bagian perut pasien. Saat melakukan prana, tubuh pasien akan merasakan hangat dan setelah terapi, tubuh akan terasa lebih enteng.

BACA JUGA  Terinspirasi Akupuntur Dari Drakor Atau Drama Korea

Metode pengobatan prana bisa dilakukan untuk mengobati gangguan fisik, psikis dan kecantikan. Langkah terakhir dalam pengobatan ialah pemberian ramuan herbal.

Ramuan herbal tersebut terdiri dari sambiloto, kayu manis, kayu secang dan bahan ramuan herbal lainnya yang diracik sedemikian rupa untuk mengatasi masalah kesehatan.

Terapi akupuntur untuk mengatasi anemia tersebut bisa Anda coba selain mengkonsumsi obat dari dokter. Terapi ini juga harus dilakukan dengan ahlinya agar lebih aman dan optimal dilakukan.