Mengatasi Anemia Dengan Melakukan Terapi Akupuntur

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Mengatasi anemia dengan terapi akupuntur juga bisa dilakukan selain mengkonsumsi obat dari dokter.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Anemia

Anemia atau kurang darah dalam tubuh sering dianggap berpengaruh pada kebugaran tubuh saat puasa. Padahal, penderita anemia lebih baik untuk melakukan puasa karena puasa memang berfungsi untuk menyehatkan tubuh.

Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah kurang dari normal. Gejala yang umum terjadi pada penderita anemia adalah pusing, mudah lelah, pandangan yang berkunang-kunang dan sulitnya berkonsentrasi.

Kondisi anemia bisa disebabkan karena pendarahan atau tubuh yang kekurangan asam folat dan B12. Kondisi kesehatan ini bisa diatasi tidak hanya dengan mengkonsumsi obat.

- Advertisement -

Akupuntur, salah satu terapi tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah anemia. Terapi yang dilakukan bisa berupa prana, pijat refleksi, akupresur dan ramuan herbal.

Tahap pertama, terapis akan melakukan terapi refleksi di titik saraf yang ada di telapak kaki, kening, daun telinga dan area sekitar wajah. Tubuh pasien akan diberi minyak atau krim agar pijatan lebih mudah dilakukan.

Terapi refleksi berguna untuk melancarkan peredaran darah dan juga menambah energi sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Setelah dipijat refleksi, pasien akan diakupresur dengan akar kelapa dan kayu cendana.

Kayu cendana tersebut digunakan untuk menotok bagian saraf pada tubuh pasien. Terapi ini juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mendeteksi penyakit tertentu.

Setelah akupresur, pasien akan diterapi dengan prana. Metode ini memanfaatkan energi kehidupan dari alam. Langkah pengobatan prana yaitu pendeteksian, pembersihan energi negatif dan pemberian energi positif.

Terapi ini akan dilakukan pada bagian perut pasien. Saat melakukan prana, tubuh pasien akan merasakan hangat dan setelah terapi, tubuh akan terasa lebih enteng.

BACA JUGA  Perlu Anda Ketahui Manfaat Penggunaan Rokok Elektrik

Metode pengobatan prana bisa dilakukan untuk mengobati gangguan fisik, psikis dan kecantikan. Langkah terakhir dalam pengobatan ialah pemberian ramuan herbal.

Ramuan herbal tersebut terdiri dari sambiloto, kayu manis, kayu secang dan bahan ramuan herbal lainnya yang diracik sedemikian rupa untuk mengatasi masalah kesehatan.

Terapi akupuntur untuk mengatasi anemia tersebut bisa Anda coba selain mengkonsumsi obat dari dokter. Terapi ini juga harus dilakukan dengan ahlinya agar lebih aman dan optimal dilakukan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...