Mengatasi Bronkitis Dengan Terapi Akupuntur – Salah satu penyakit yang cukup berbahaya untuk kesehatan paru-paru adalah bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit infeksi yang menganggu saluran pernapasan dari paru-paru atau bronkus. Seseorang yang mengalami hal ini akan terganggu pernapasannya. Penderita akan sulit untuk bernapas seperti layaknya orang pada umumnya. Aktivitas mereka juga akan langsung tergangu.

DIDUKUNG OLEH:

Ada dua jenis penyakit bronkitis yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Untuk bronkitis akut ini akan membuat penderita mengalami berbagai gejala pernapasan selama dua atau tiga minggu. Biasanya menyerang anak-anak di usia lima tahun kebawah. Sementara bronkitis akut ini durasinya lebih lama yakni antara tiga bulan hingga tahunan. Nantinya akan menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan masalah ini muncul. Mulai dari terlalu sering merokok atau menghidap asap rokok. Kemudian tidak pernah mendapatkan vaksin influenza atau pneumonia. Terkena zat-zat berbahaya seperti debu, anomia hingga klorin. Hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah. Salah satu cara mengatasinya yakni dengan terapi akupuntur.

Mengatasi Bronkitis Dengan Terapi Akupuntur

Para peneliti mengemukakan bahwa akupunktur efektif untuk pengobatan bronkitis kronis. Peneliti Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Shijiazhuang menetapkan bahwa akupunktur meningkatkan produksi imunoglobulin dan menstabilkan kesehatan keseluruhan untuk pasien lanjut usia yang menderita bronkitis kronis. Jadi bisa menjadi opsi pengobatan bagi para penderita.

Liang et al. (Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Shijiazhuang) melakukan penyelidikan tentang kemanjuran klinis Feishu (BL13) dan akupunktur Sihua (Empat Bunga) untuk pasien usia lanjut dengan bronkitis kronis. Akupunktur Sihua (empat bunga) mengacu pada penerapan titik akupuntur Geshu (BL17) dan Danshu (BL19). Liang et al. menetapkan bahwa akupunktur meningkatkan kadar imunoglobulin sekaligus memberikan pengobatan klinis yang signifikan.

Sebanyak 60 pasien Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Shijiazhuang dengan usia rata-rata 68 tahun dengan bronkitis kronis dirawat dan dievaluasi dalam penelitian ini. Pasien-pasien ini didiagnosis dengan bronkitis kronis antara April 2012 dan Desember 2012. Mereka dibagi menjadi kelompok akupunktur dan kelompok kontrol sirup batuk herbal, dengan 30 pasien di setiap kelompok. Kedua kelompok menerima terapi obat yang identik. Acupoints utama yang dipilih untuk kelompok perawatan akupunktur adalah sebagai berikut: Feishu (BL13) Geshu (BL17) Danshu (BL19).