Benarkah akupresur bisa mengatasi keluhan sakit gigi? Bagaimana caranya? Apakah lebih efektif daripada menggunakan obat?

Manfaat Akupresur Untuk Mengatasi Keluhan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa muncul karena gusi yang bengkak atau karena gigi yang sudah berlubang.

Nyeri di gigi jika muncul bisa membuat kepala terasa sakit karena efek nyeri yang timbul. Terkadang sakit gigi juga bisa memicu demam dan bengkak.

DIDUKUNG OLEH:

Biasanya seseorang akan menggunakan obat-obatan warung atau membeli obat pereda sakit gigi di apotek.

Namun, jika kondisi sudah parah, dokter medis adalah solusinya. Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan selain yang disebutkan di atas.

Cara tersebut ialah menggunakan terapi akupresur. Apa itu akupresur? Terapi ini merupakan pengobatan tradisional asal Cina.

Akupresur sudah ada sejak zaman dahulu. Hingga kini, akupresur masih digunakan dan diminati karena manfaatnya yang luar biasa.

Lalu, benarkah akupresur bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi?

Ada beberapa titik akupresur yang bisa distimulasi untuk meredakan sakit gigi. Terapi ini juga membuat otot sekitar mulut lebih rileks, dan nyeri pun berangsur hilang.

Untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, Anda bisa menstimulasi titik yang berada di area pundak, tangan, leher, dan lutut.

Berikut titik akupresur yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, yaitu:

1. GB21

Titik ini disebut juga dengan titik kantong empedu. Menstimulasi titik ini berguna untuk meredakan nyeri di kepala, leher dan juga wajah.

Titik ini berada di tengah pundak agak belakang. Anda bisa mencubit bagian ini dan pijat selama 4 sampai 5 detik.

2. SI18

Titik ini disebut juga dengan titik usus halus. Titik ini banyak digunakan untuk meredakan sakit gigj, gusi bengkak, dan gigi yang berlubang.

BACA JUGA  Mengatasi Mual Ketika Hamil Dengan Tusuk Jarum

Titik SI18 terletak di bawah tulang pipi, tepatnya di bawah ujung mata dan sejajar dengan bawah hidung.

Anda bisa menekan titik ini di kedua bagian tulang pipi atau kanan dan kiri sembari menarik nafas dalam dan menghembuskan perlahan.

Kedua titik akupresur di atas diklaim bisa membantu Anda menyembuhkan sakit gigi. Cara ini layak dicoba dan bisa dikombinasikan dengan penggunaan obat.