Mengatasi Nyeri Sendi Pasa Covid Dengan Akupuntur

Sebagian pasien pasca covid mengeluhkan nyeri sendi di sekujur tubuhnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri sendi tersebut? Tanpa harus mengkonsumsi obat, terdapat cara sederhana yang efektif untuk mengobatinya.

Akupuntur Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Sebagian pasien pasca covid mengeluhkan nyeri sendi di tubuhnya. Nyeri ini bisa berlangsung cukup lama bahkan hingga sebulan dan bisa dikatakan juga sebagai penyakit arthritis.

Kondisi bisa terjadi bahkan ketika sudah tidak ada infeksi di dalam tubuh. Menurut dr Parikshit Sagdeo, seorang pakar reumatologi mengatakan bahwa nyeri sendi yang muncul bisa jadi bukan karena obat covid-19.

Hal ini juga bisa terjadi karena adanya perubahan kekebalan tubuh yang disebabkan virus SARS-C0V-2. Nyeri sendi ini bisa berlangsung lama, jika sudah lebih dari 4 pekan setelah pemulihan, periksakanlah diri ke dokter.

- Advertisement -

Nyeri sendi yang muncul ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, hal ini juga melibatkan rasa nyeri yang bisa muncul teramat sangat dan biasanya dokter akan memberikan sebuah obat pereda nyeri sendi.

Namun, ternyata ada cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi, yaitu dengan cara di bawah ini:

– Akupuntur

Terapi asal Cina ini diklaim mampu mengatasi berbagai keluhan nyeri, termasuk nyeri sendi. Terapi akupuntur juga memperbaiki sistem kerja sel dan jaringan dalam tubuh.

Dengan terapi akupuntur, tubuh juga terasa lebih segar dan meningkatkan energi dalam tubuh. Jika tertarik menggunakan akupuntur, lakukanlah dengan ahli profesional.

– Mengelola berat badan

Berat badan berlebih juga bisa menyebabkan nyeri di bagian sendi karena sendi terlalu berat menopang bobot tubuh yang berlebih. Biasanya akan muncul rasa nyeri di bagian kaki, lutut dan pinggul.

BACA JUGA  Manfaat Dari Pijat Refleksi Bagi Tubuh Dan Kesehatan

Anda bisa mulai menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat serta mengurangi bobot tubuh agar tidak obesitas dan mencegah kerusakan sendi di masa yang akan datang.

– Terapi dingin dan hangat

Terapi hangat bisa dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat di pagi hari untuk mengurangi kekakuan. Salep khusus juga bisa dioleskan pada area yang terkena nyeri sendi.

Membungkus es atau sayuran yang beku dengan handuk dan menaruhnya pada area yang sakit juga merupakan salah satu terapi dingin untuk nyeri sendi.

Itulah berbagai macam cara untuk mengatasi nyeri sendi yang bisa dilakukan bagi pasien pasca covid yang mengalami masalah tersebut. Semoga membantu.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...