Cara mengatasi sembelit saat puasa ternyata tidak hanya harus mengkonsumsi obat saja, menjalani terapi akupuntur juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara efektif untuk mengobatinya.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Susah buang air besar atau sembelit biasa dialami oleh sebagian besar orang saat berpuasa. Hal ini bisa disebabkan karena kurang mengkonsumsi makanan yang berserat dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan kondisi tubuh menjadi tidak enak, tentu saja masalah ini tidak boleh dianggap enteng dan harus segera diatasi.

DIDUKUNG OLEH:

Cara mencegah agar tidak sembelit, Anda harus mengkonsumsi air mineral saat berbuka, menjelang tidur dan saat sahur. Usahakan untuk meminum air mineral sebanyak 2 liter dalam sehari.

Namun, jika sudah terlanjur mengalami sembelit, ada beberapa teknik pijat yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

– Pijat area punggung

Memijat punggung diklaim bisa meredakan stres dan melancarkan sistem pencernaan. Melakukan pijatan di area ini juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

– Pijat usus besar

Teknik ini diklaim bisa melepaskan tekanan dan gas yang ada di dalam tubuh. Cara memijat dengan teknik ini adalah:

1. Berbaring dengan lutut yang ditekuk
2. Gunakan jari untuk menekan perut
3. Pijat berbentuk tapal kuda di area usus besar
4. Gerakan tangan dari sisi kanan bawah lalu naik ke area bawah tulang rusuk. Setelah itu arahkan ke kiri, lalu ke tengah

– Pijat perineum

Memijat teknik ini dapat membantu tingkatkan fungsi usus dan hal yang berhubungan dengan masalah sembelit. Pijatan perineum adalah pijatan yang dilakukan di area antara vagina dan anus.

BACA JUGA  Titik Akupresur untuk Hidung Tersumbat

– Pijat sembelit pada bayi

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami sembelit. Untuk mengatasinya, pijat lembut perut bayi. Lakukan pijatan sekitar 45 menit setelah menyusui.

Keempat teknik pijatan tersebut bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit. Hal ini bisa mengurangi konsumsi obat pelancar buang air besar sekaligus mengurangi ketergantungan obat.

Jika masalah tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter agar tidak salah langkah saat mengobatinya. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat agar pencernaan lancar.