Mengatasi Sinusitis dengan Bekam dan Konsumsi Buah

Benarkah mengatasi sinusitis bisa dilakukan dengan cara menggunakan terapi bekam dan konsumsi buah-buahan? Dr. Zaidul Akbar juga membagikan tips mengobati masalah sinus dengan cara alami.

Bekam dan Buah untuk Mengatasi Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa kambuh dan berulang. Penyakit ini jelas saja bisa mengganggu aktivitas pengidapnya mengingat masalah ini terjadi di dinding sinus. Apa itu sinus?

Sinus sendiri merupakan rongga kecil yang saling terhubung lewat saluran udara yang ada di dalam tulang tengkorak. Sinus sendiri terletak di bagian belakang tulang dahi, di bagian dalam struktur pipi.

Lalu, di kedua sisi batang hidung dan juga di belakang mata. Rongga tersebut bisa menghasilkan lender atau disebut mukus yang berfungsi menyaring dan membersihkan bakteri di dalam udara yang dihirup.

- Advertisement -

Sinus juga berfungsi untuk mengendalikan suhu dan kelembaban udara yang masuk ke dalam paru-paru. Dr. Zaidul Akbar mengaku pernah memberikan cara mengobati sinus dengan mengkonsumsi buah nanas.

Bonggol nanas yang ada di bagian tengah buah diblender dan dicampur dengan bubuk habbatussauda sebanyak tiga kapsul, lalu dicampur air dan madu secukupnya. Resep herbal ini sudah dibuktikan oleh teman Dr. Zaidul Akbar.

Selain itu, bekam juga bisa dilakukan untuk mengobati penderita sinusitis. Biasanya dilakukan di area sinus, di bagian dahi atau antara kedua alis dan bagian hidung seperti membentuk huruf A. biasanya dibekam dengan menggunakan kop kecil.

Terapi dilakukan di titik tiga sinus tersebut untuk membantu meredakannya. Bekam sendiri merupakan salah satu terapi tradisional yang juga digunakan Cina untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Adapun gejala dari sinusitis yaitu sekret kental berwarna kuning atau hijau yang keluar dari hidung atau saat hidung tersumbat. Lalu gejala lain adalah halitosis atau bau mulut, post nasal drip, tekanan di wajah, demam hingga batuk.

BACA JUGA  Mengobati Biduran dengan Alami Tanpa Obat Medis

Tidak hanya bekam dan ramuan bonggol nanas, menghirup uap dari air mendidih yang sudah dipindahkan ke mangkok juga cukup membantu. Mengompres area sinus juga bisa dilakukan. Jadi, tidak hanya bisa diobati dengan obat saja.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...