Mengatasi Stres dengan TCM Saat Program Bayi Tabung

Benarkah akupuntur bisa mengatasi stres saat jalani program bayi tabung? Sebelum melakukan program ini, si calon ibu maupun ayah pasti akan merasakan stres. Setelah berhasil pun, hal ini kerap dirasakan.

Oleh karena itu, butuh sebuah cara untuk mengatasi hal ini. Karena, stres bisa mempengaruhi keberhasilan atau pun kegagalan dari program yang sedang dijalani. Lalu, benarkah pengobatan tradisional Cina bermanfaat untuk masalah ini?

Mengatasi Stres Saat Program Bayi Tabung

TCM atau Traditional Chinese Medicine merupakan jenis pengobatan yang memiliki manfaat luar biasa dalam mengobati berbagai macam keluhan penyakit. Tidak hanya penyakit, terapi ini juga membantu keberhasilan program kehamilan.

Memiliki momongan adalah anugerah penting yang Tuhan berikan. Banyak pasangan yang telah menikah mendambakan hal ini, namun tak juga diberi oleh Tuhan. Karena itu, banyak yang menjalani program hamil.

- Advertisement -

Salah satu program hamil yang bisa dilakukan adalah program bayi tabung. Sebelum menjalani program ini, pasangan tersebut perlu kuat dan sehat tubuhnya. Hal ini untuk menunjang keberhasilan program.

Salah satu faktor yang bisa menghambat keberhasilan program ini adalah stres. Menurut Dokter Spesialis Budi Wiweko mengatakan, stres merupakan salah satu penyebab kegagalan program bayi tabung ini.

Ada tiga tahapan yang bisa memicu timbulnya stres, yaitu saat pengambilan sel telur, penanaman embrio dan saat menunggu hasil. Pasangan yang melakukannya, terutama sang calon ibu akan merasakan kesulitan.

Kecemasan berlebihan juga bisa muncul dan nantinya akan berdampak pada stress yang merugikan. Lalu, bagaimana cara membantu pasangan yang mengalami stres saat menjalani program kehamilan?

Caranya dengan akupuntur. Terapi ini efektif membantu ringankan stres dan redakan kecemasan berlebihan yang dialami pasangan. Biasanya, titik akupuntur yang distimulasi berada di perut, lengan dan juga kaki.

BACA JUGA  Wonwoo SEVENTEEN Idap Gastritis, Akupuntur Bisa Membantu?

Selain bantuan akupuntur, peluang keberhasilan program ini juga tergantung dari usia si calon ibu, kualitas sprema, cadangan sel telur dan penyebab infertilitas. Usia di atas 35 tahun kemungkinannya berhasil hanya 30 persen saja.

akupuntur layak dicoba untuk menstimulasi titik tertentu yang dapat merangsang hormon endorphin aktif. Stres akan berkurang dan menimbulkan efek segar dan bugar pada tubuh. Gangguan kecemasan juga menghilang karena tubuh rileks.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...