Mengatasi Tremor Dengan Bantuan Terapi Akupuntur

Tangan yang selalu gemetar atau tremor ternyata bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara. Cara mengatasi tremor dengan bantuan akupuntur ialah salah satu pilihan alternatif yang bisa dicoba.

Cara Mengatasi Tremor Dengan Akupuntur

Tremor menyebabkan gemetar yang bisa mempengaruhi seluruh tubuh, akan tetapi yang paling jelas dilihat ialah tremor pada tangan. Kondisi ini tentu saja tidaklah sepele, karena hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagian besar orang khawatir jika terus menerus mengalami kondisi ini, karena bisa saja masalah ini timbul karena adanya kerusakan di otak atau adanya gangguan neurologis.

Namun, tidak perlu khawatir dan panik, tremor bisa saja tidak muncul karena masalah serius yang dipikirkan. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa menimbulkan tremor, yaitu:

– Kadar gula darah rendah

Kadar gula darah bisa rendah ketika tubuh mengalami syok akibat cedera atau peristiwa traumatis dan ketika perut belum terisi makanan.

– Lelah

Terlalu banyak berolahraga dan kerja fisik dapat menimbulkan tremor di area tungkai. Hal itu bisa terjadi karena otot yang lemah atau kram pada otot.

– Kecemasan

Tremor juga bisa muncul karena adanya gangguan kecemasan. Mekanisme fight or flight dalam tubuh kita terus dipacu secara berlebihan yang akhirnya menyebabkan tremor.

– Kelebihan kafein

Kafein berperan sebagai stimulan dan mempersiapkan tubuh dari respon fight or flight dalam tubuh. Jadi, jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein, energi yang ada dalam tubuh akan muncul berlebihan dan menyebabkan tremor.

Adapun penyebab lain ialah karena pengaruh obat, adanya gangguan pada otak dan tremor essential atau adanya kerusakan saraf. Untuk pengobatannya, kondisi ini bisa disembuhkan sesuai dengan penyebabnya.

BACA JUGA  Mengatasi Anemia Dengan Melakukan Terapi Akupuntur

Kondisi ini bisa diobati dengan mengkonsumsi obat anti kejang, botox, beta-blocker dan lain-lain. Namun, tidak hanya obat, tremor juga bisa diatasi dengan menggunakan terapi akupuntur.

Penyebab tremor seperti karena gangguan kecemasan bisa diatasi hanya dengan melakukan terapi asal Cina ini. Karena, akupuntur bisa membuat tubuh menjadi rileks dan menghilangkan perasaan yang berlebihan.

Selain itu, akupuntur juga bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan otak, yang merupakan organ penting dalam tubuh. Terapi ini juga terbukti dapat meringankan tremor yang terjadi.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....