Mengenal Efek Samping Dari Terapi Akupuntur

Sebelum melakukan terapi akupuntur, alangkah lebih baik untuk mengenal efek samping yang akan ditimbulkan saat melakukan terapi ini. Meskipun katanya, terapi ini sebenarnya minim dari efek samping.

Mengenal Efek Samping Akupuntur

Terapi akupuntur merupakan salah satu terapi yang kini banyak diminati oleh masyarakat. Akupuntur merupakan salah satu budaya Tionghoa yang hingga kini masih berkembang dan semakin populer.

Akupuntur memiliki banyak kegunaan, selain untuk kesehatan, terapi ini juga banyak digunakan sebagai terapi kecantikan dan mengatasi stres serta gugup berlebihan yang terjadi pada seseorang.

Lalu, apakah terapi akupuntur memiliki efek samping? Meskipun terapi ini diklaim minim efek samping, tapi tidak menutup kemungkinan hal ini tidak bisa mengenai pasien yang melakukan terapi.

- Advertisement -

Lalu, apa saja efek samping yang mungkin saja terjadi pada pasien? Berikut hal-hal yang bisa timbul dari penggunaan akupuntur:

1. Kejang otot

Hal ini bisa terjadi ketika jarum pasien sedang melakukan terapi. Ketika Anda merasakannya, Anda harus segera memberitahu terapis terkait hal ini. Karena, masalah ini bisa berbahaya bagi peredaran darah.

2. Infeksi

Hal ini bisa terjadi ketika terapis tidak terlalu memerhatikan jarum yang digunakan. Jarum untuk terapi haruslah steril dan baru, jika tidak steril, infeksi pada pasien tidak bisa dihindarkan.

3. Tubuh yang terasa lelah

Tubuh akan terasa lelah ketika kita sedang melakukan rangkaian terapi yang cukup panjang, terlebih lagi penusukan jarum yang tidak tepat juga bisa menyebabkan pusing, nyeri dan rasa cepat lelah.

4. Depresi

Ternyata akupuntur tidak hanya bisa menghilangkan depresi, terapi ini juga bisa memicu terjadinya depresi karena kurang profesionalnya sang terapis. Biasanya kesalahan menusuk jarum di area leher dapat berdampak buruk pada aliran darah.

BACA JUGA  Bisakah Terapi Akupuntur Mengatasi Demam Menggigil?

5. Ruam di kulit

Biasanya ruam di kulit bisa terjadi dari bekas penusukan jarum. Kulit akan berwarna kemerahan dan gatal. Namun, biasanya hal ini terjadi sementara dan tidak berkepanjangan.

Bagaimana menurutmu? Tertarikkah melakukan terapi akupuntur? Setelah mengenal efek samping dari terapi ini, hendaklah memakai jasa terapis profesional yang sudah ahli dalam bidang akupuntur dan cara terapi.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...