Mengenal Hua Tuo, Seorang Penemu Terapi Akupuntur

Siapa sangka bahwa penemu terapi akupuntur disebut juga sebagai dewa yang bisa memberikan kesehatan. Mengenal Hua Tuo, ia merupakan seorang dokter bedah pertama dan juga penemu terapi akupuntur.

Benarkah ia juga diagungkan seperti dewa? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Hua Tuo, Sang Penemu Terapi Akupuntur

Menjelang Imlek sampai Cap Go Meh, seluruh masyarakat Tionghoa pasti memuja banyak dewa. Tujuannya bermacam-macam dan semua dewa memiliki fungsinya masing-masing.

Imlek di tahun ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi virus corona yang terus merajalela di Indonesia dan mancanegara. Dewa Hua Tuo adalah dewa yang disebut sebagai pemberi kesehatan.

Dewa Hua Tuo sudah dianggap sebagai dewa semenjak ia masih hidup. Ia merupakan seorang dokter bedah pertama dan juga penemu akupuntur yang merupakan warisan dari budaya Cina.

Dewa Hua Tuo dapat membedah usus hingga selaput tertipis yang tergolong sangat beresiko untuk dilakukan. Namun, pasien dari Hua Tuo ini semuanya bisa sembuh dalam kurun waktu satu bulan.

Kehebatan tabib Hua Tuo yang hidup di abad ke-2 ini membuat ia dikenal sebagai bapak pembedahan dan akupuntur dunia. Ia bisa melakukan hal yang tidak mungkin di kala dunia medis barat tertinggal jauh.

Sejak kecil Hua Tuo sudah menunjukkan bakatnya sebagai ahli pengobatan. Ia berasal dari Haoxian, Cina. Tabib Cai merupakan seorang guru yang telah mengetes kecerdasan Hua Tuo.

Hua Tuo menguasai pengobatan dalam, luar, parasitologi, terapi fisik dan ginekologi. Ia juga dikenal sebagai penemu ilmu akupuntur dan totok yang sudah terkenal kehebatannya sampai sekarang.

Hua Tuo pernah memberikan 7 tusukan jarum pada titik tertentu ke pasien yang tidak bisa berjalan, dan hasilnya luar biasa. Titik akupuntur ini juga disebut sebagai titik jia-ji meliputi titik tulang belakang.

BACA JUGA  3 Pilihan Obat Jerawat Terbaik yang Ada Di Apotek

Di ilmu akupuntur modern, ketujuh titik utama tersebut disebut sebagai titik Hua Tuo sebagai bentuk penghormatan pada sang penemu. Ia juga menemukan bubuk Ma Fei San yang digunakan untuk pembiusan.

Berkat penemuan Hua Tuo, kini akupuntur sudah mengalami perkembangan dan hasil yang didapatkan juga lebih maksimal. Pengobatan tradisional ini sampai saat ini pun merupakan warisan budaya Cina yang diturunkan secara turun temurun.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...