Mengenal Hua Tuo, Seorang Penemu Terapi Akupuntur

Siapa sangka bahwa penemu terapi akupuntur disebut juga sebagai dewa yang bisa memberikan kesehatan. Mengenal Hua Tuo, ia merupakan seorang dokter bedah pertama dan juga penemu terapi akupuntur.

Benarkah ia juga diagungkan seperti dewa? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Hua Tuo, Sang Penemu Terapi Akupuntur

Menjelang Imlek sampai Cap Go Meh, seluruh masyarakat Tionghoa pasti memuja banyak dewa. Tujuannya bermacam-macam dan semua dewa memiliki fungsinya masing-masing.

Imlek di tahun ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi virus corona yang terus merajalela di Indonesia dan mancanegara. Dewa Hua Tuo adalah dewa yang disebut sebagai pemberi kesehatan.

- Advertisement -

Dewa Hua Tuo sudah dianggap sebagai dewa semenjak ia masih hidup. Ia merupakan seorang dokter bedah pertama dan juga penemu akupuntur yang merupakan warisan dari budaya Cina.

Dewa Hua Tuo dapat membedah usus hingga selaput tertipis yang tergolong sangat beresiko untuk dilakukan. Namun, pasien dari Hua Tuo ini semuanya bisa sembuh dalam kurun waktu satu bulan.

Kehebatan tabib Hua Tuo yang hidup di abad ke-2 ini membuat ia dikenal sebagai bapak pembedahan dan akupuntur dunia. Ia bisa melakukan hal yang tidak mungkin di kala dunia medis barat tertinggal jauh.

Sejak kecil Hua Tuo sudah menunjukkan bakatnya sebagai ahli pengobatan. Ia berasal dari Haoxian, Cina. Tabib Cai merupakan seorang guru yang telah mengetes kecerdasan Hua Tuo.

Hua Tuo menguasai pengobatan dalam, luar, parasitologi, terapi fisik dan ginekologi. Ia juga dikenal sebagai penemu ilmu akupuntur dan totok yang sudah terkenal kehebatannya sampai sekarang.

Hua Tuo pernah memberikan 7 tusukan jarum pada titik tertentu ke pasien yang tidak bisa berjalan, dan hasilnya luar biasa. Titik akupuntur ini juga disebut sebagai titik jia-ji meliputi titik tulang belakang.

BACA JUGA  Apakah Segelas Anggur Merah Sehari Baik Untuk Kesehatan?

Di ilmu akupuntur modern, ketujuh titik utama tersebut disebut sebagai titik Hua Tuo sebagai bentuk penghormatan pada sang penemu. Ia juga menemukan bubuk Ma Fei San yang digunakan untuk pembiusan.

Berkat penemuan Hua Tuo, kini akupuntur sudah mengalami perkembangan dan hasil yang didapatkan juga lebih maksimal. Pengobatan tradisional ini sampai saat ini pun merupakan warisan budaya Cina yang diturunkan secara turun temurun.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...