Gizi salah merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan ataupun kelebihan zat gizi dan biasa disebut juga dengan malnutrisi. Penyakit yang disebabkan oleh keadaan ini merupakan kesalahan manusianya dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman. Tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, maka dari itu mengontrol nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga diperlukan. Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, protein, karbohidrat dan yang lainnya.

DIDUKUNG OLEH:

Gizi salah umumnya diawali dari faktor kemiskinan yang diderita oleh seseorang. Hal itu membuat mereka tidak bisa mendapatkan makanan ataupun minuman yang bergizi. Selain itu, kecerobohan seseorang dalam memilih makanan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Penyakit-Penyakit Akibat Gizi Salah Yang Berbahaya

Beri-Beri

Beri-beri Penyakit beri-beri biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Vitamin ini erat hubungannya dengan sistem saraf dan juga otot. Ada beberapa ciri-ciri yang munculnya penyakit beri-beri seperti sesak nafas, detak jantung yang meningkat, bengkak di kaki bagian bawah dan yang lainnya.

Anemia

Anemia merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan zat besi. Karena itulah, penyakit ini sering ditandai dengan kekurangan sel darah merah. Perlu diketahui, produksi sel darah merah tidak lepas dari asupan zat besi yang masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang mengalami anemia akan merasa tubuhnya lemas dan mudah lelah, nafsu makan yang menurun hingga kekuatan kuku yang rapuh.

Marumus

Seseorang harus sesegera mungkin untuk mengatasi masalah gizi salah. Salah satu penyakit yang disebabkan karena hal tersebut adalah marasmus. Penyakit ini muncul karena tubuh kekurangan asupan nutrisi baik protein, karbohidrat dan yang lainnya. Seseorang yang menderita maramus bisa dilihat dengan kondisi tubuhnya yang kurus kering, wajah terlihat tua.

BACA JUGA  Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan Tubuh

Kwashiorkor

Salah satu akibat tubuh kekurangan protein adalah kwashiorkor. Banyak manfaat protein yang dibutuhkan oleh tubuh seperti untuk membuat sel baru, memperbaiki sel yang rusak dan lain sebagainya. Jika merasa tubuh cepat lelah, warna rambut menjadi kemerahan, berat badan susah naik, dikhawatirkan sedang terkena masalah kwashiorkor.