Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan tradisional Bali, kedua unsur ini ditujukan untuk menyembuhkan pasien secara keseluruhan. Tabib tradisional Bali atau yang disebut Balian memainkan peran penting dalam budaya Bali dan membantu pasien mengembalikan keseimbangan di kedua dunia tersebut.

Balian adalah tabib tradisional yang menggunakan energi ilahi untuk mengobati penyakit fisik dan mental, menghilangkan mantra negatif dan menyalurkan energi dari leluhur. Beberapa Balian telah mempelajari seni mereka melalui kitab suci kuno yang disebut lontar dan magang dengan seorang master. Namun, ada juga yang menerima wahyu atau inspirasi ilahi dan menyembuhkan dari hati. Kedua jenis Balian memiliki tempat terhormat dalam masyarakat Bali.

Sering kali masalah kesehatan di Bali diakibatkan oleh leluhur yang tidak dirawat dengan baik. Balian dapat masuk ke kondisi trance untuk menemukan akar masalah dan memberikan obat tanaman alami, pijatan atau daftar persembahan yang harus dibuat. Di Bali, Balian dihormati seperti dokter Barat dan memiliki spesialisasi yang berbeda untuk menyembuhkan masalah tubuh tertentu.

Ketika mengunjungi Balian, penting untuk menunjukkan rasa hormat dengan mengenakan pakaian sesuai, tidak menyentuh wajah atau kepala Balian dan tidak mengarahkan bagian bawah kaki ke Balian selama proses penyembuhan. Orang Bali telah lama dan intensif mempelajari lontar yang berisi informasi tentang etika, anatomi, ramuan tradisional, meditasi, yoga, tantra dan mata pelajaran lainnya.

- Advertisement -

Jika Anda ingin mengunjungi Balian, pertimbangkan alasan Anda dan bersiaplah dengan hormat dan rendah hati. Mengunjungi Balian di Bali adalah hal yang serius dan bukan hanya sebagai tontonan wisata. Balian adalah instrumen penyembuhan ilahi dan klien harus siap menerima penyembuhan dengan hormat. Pengalaman Anda mungkin umum dan dapat meliputi sihir, pembuatan api, penggunaan mudra, gambar pola pada tubuh, ramuan yang dikunyah, pijatan dan lainnya. Namun, yang pasti Anda mungkin akan merasa lebih baik setelahnya dan Anda mungkin memerlukan beberapa perawatan untuk sembuh total.

BACA JUGA  Cara Alami Dan Akupuntur Untuk Lancarkan Kontraksi

Selain itu, Balian juga dapat memberikan anda instruksi meditasi atau yoga untuk membantu anda menemukan keseimbangan di dunia fisik dan psikis.

Sebagai klien, Anda harus siap untuk mengambil peran aktif dalam proses penyembuhan. Balian akan memerlukan Anda untuk menyediakan rincian tentang masalah kesehatan Anda, serta membuat perubahan dalam gaya hidup Anda seperti mengubah pola makan, berolahraga, dan meningkatkan kualitas tidur.

Pengobatan tradisional Bali mungkin tidak cocok untuk semua orang. Sebelum mengunjungi Balian, sebaiknya berbicara dengan dokter Anda tentang kondisi kesehatan Anda dan apakah pengobatan ini cocok untuk Anda. Namun, jika Anda mencari pengalaman yang unik dan spiritual dalam proses penyembuhan, pengobatan tradisional Bali mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Secara umum, Bali adalah tempat yang kaya akan budaya dan tradisi yang kuat. Pengobatan tradisional Bali adalah salah satu aspek penting dari budaya tersebut dan memainkan peran penting dalam kesehatan masyarakat Bali. Balian memainkan peran penting dalam budaya Bali dan membantu pasien untuk memulihkan keseimbangan di dunia fisik dan psikis. Namun, sebelum mengunjungi Balian, penting untuk memahami sifat kuno dan tradisional dari karya seorang Balian dan memastikan bahwa pengobatan ini cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...