Mengenal Tenaga Kesehatan Terapis Akupuntur, Bisa Jadi Peluang Karir

Tenaga Kesehatan Terapis Akupuntur kini termasuk profesi tenaga kesehatan yang diperhitungkan. Buktinya, Nakes Terapis Akupuntur memiliki payung hukum, yakni Permenkes 34 tahun 2018 tentang Izin Akupunktur Terapis.

Melansir Quipper, Terapis Akupuntur berupaya memulihkan kondisi kesehatan pasiennya dengan menusukkan jarum ke titik-titik akupunktur menggunakan ilmu anatomi fisiologi dan menerapkan evidence-based medicine.

Pengobatan ini dipercaya dapat memulihkan kesehatan dan kebugaran, serta mengobati rasa sakit. Dewasa ini, teknik akupunktur banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri, mengatasi gangguan tidur (insomnia), mengatasi gangguan kecemasan, menurunkan berat badan (obesitas), menghentikan kebiasaan rokok, terapi keterlambatan wicara pada anak, bahkan untuk estetika (face rejuvenation, acne, face slimming).

Dilansir dari Kompas, terapis akupuntur kian diminati terutama oleh orang-orang yang memahami bahaya zat kimia yang terkandung dalam obat. Ini menandakan bahwa peluang untuk menekuni profesi sebagai ahli akupunktur terbuka lebar.

Untuk menjadi ahli akupunktur lewat jalur pendidikan formal, ternyata belum banyak kampus yang membuka jurusan Akupunktur. Berdasarkan data BAN-PT, hanya ada tiga kampus yang menawarkan program diploma Akupunktur dan 1 kampus yang memiliki program profesi Akupunktur Medik.

Dilansir dari JPNN, lulusan pendidikan Akupunktur bisa melakukan usaha praktik mandiri atau bergabung dengan rumah sakit dan puskesmas. Sebab beberapa rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya mulai memberikan layanan akupunktur ini.

Peran dan Tanggung Jawab Terapis Akupuntur

Terapis Akupuntur membantu proses pemulihan dengan menggunakan metode pengobatan tradisional dengan menusukkan jarum-jarum ke titik tertentu pada tubuh pasien.

Mengatasi rasa nyeri akibat beberapa penyakit seperti nyeri akut, nyeri kronik, dan nyeri kanker.

Mengendalikan emosi pasien melalui bagian yang juga menghubungkan dengan sistem limbik, yaitu bagian otak yang mengendalikan emosi seseorang.

BACA JUGA  Akupuntur Efektif Untuk Mengobati Angina Pektoris

Untuk menjalani peran tersebut, tentu saja seorang ahli akupuntur harus memiliki keahlian sebagai berikut: Kemampuan observasi, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan melakukan analisis, Keterampilan komunikasi, Orientasi melayani, Pemahaman ilmu biomedik, dan Pemahaman ilmu anatomi fisiologi.

Jenjang Karier Ahli Akupuntur

Ahli akupuntur dengan latar pendidikan dokter biasanya dimulai dengan menjadi dokter umum kemudian memilih bidang spesialis akupunktur medik. Selain itu, dokter umum pun bisa menjadi ahli akupuntur dengan syarat telah lulus kursus akupuntur medik dan diizinkan untuk memberikan pelayanan pengobatan dengan teknik akupuntur.

Para dokter yang mahir di bidang akupuntur ini bisa jadi staf medis akupuntur di rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan lainnya. Selain dokter, terdapat juga tenaga terampil yang menangani akupuntur baik akupuntur medis maupun non-medis. Jadi meski nggak harus berurutan namun secara garis besar jenjang kariernya sebagai berikut:

Tenaga Kesehatan Terapis Akupuntur menyelenggarakan praktik dan pelayanan. Pelayanan Akupuntur dapat digambarkan sebagai rangkaian tindakan pengobatan dan/atau perawatan yang menggunakan teknik stimulasi pada titik-titik tertentu di permukaan tubuh untuk tujuan promotif, preventif, simptomatik, rehabilitatif dan paliatif. [AB]

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...