Bagaimana cara menghentikan kram otot? Kram otot bisa terjadi karena otot tanpa sadar berkontraksi dengan sendirinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi ketika kram otot muncul?

Akupresur Menghentikan Kram Otot

Beberapa faktor bisa menyebabkan munculnya kram pada bagian otot, seperti karena otot terlalu sering digunakan, tubuh tidak mendapatkan cukup elektrolit dan tubuh yang mengalami dehidrasi.

Mengapa dehidrasi bisa menyebabkan kram pada otot? Karena, cairan yang masuk ke dalam tubuh akan memproses mineral, dan mineral tersebut membantu kinerja otot agar lebih lancar.

DIDUKUNG OLEH:

Jadi, ketika tubuh terkena dehidrasi, otomatis tubuh juga akan kekurangan mineral yang menyebabkan kinerja otot melambat atau tidak berjalan lancar. Lalu, bagaimana solusinya untuk mengatasi kram?

Kram otot bisa diatasi dengan melakukan pijatan atau akupresur. Akupresur ini merupakan salah satu metode pengobatan Cina yang sudah lama digunakan oleh masyarakat. Pijatan yang dilakukan bisa ditekan di area yang terhubung dengan kram.

Selain akupresur ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi otot yang terkena kram, yaitu:

– Berendam air hangat

Anda bisa merendam kaki atau bagian yang kram dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom. Selain mencampurnya dengan air hangat, Anda juga bisa menaruhnya di kain basah dan ditekan ke otot yang kram.

– Magnesium

Seorang ahli akupuntur, Sarah Thompson mengatakan bahwa konsumsi magnesium bisa membantu mengatasi kram. Bahan makanan seperti kacang dan biji-bijian merupakan sumber magnesium baik.

– Peregangan

Cara selanjutnya adalah dengan merilekskan otot yang kram. Anda bisa berhenti sejenak dari aktivitas Anda dan meregangkan otot secara perlahan, setelah itu pijat otot saat sedang meregang.

– Menggerakkan bagian yang terkena kram

Jika Anda terkena kram di bagian kaki, cobalah untuk menggerakkan kaki Anda seperti berjalan, selain itu pijatan rutin dibagian yang kram juga diperlukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA  Cara Menyimpan Sikat Gigi yang Benar Agar Tidak Menjadi Sarang Bakteri

– Hidrasi

Cara ini adalah cara paling sederhana yang bisa dilakukan. Anda cukup mengkonsumsi sejumlah cairan atau minum dengan teratur agar tubuh tidak dehidrasi. Terlebih lagi jika minuman tersebut mengandung elektrolit.

Itulah cara menghentikan kram yang terjadi dengan sederhana dan efektif. Akupresur juga menjadi salah satu pilihan efektif untuk meredakan kram dengan aman dan minim efek samping.