Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Dan Akupuntur

Menghilangkan bau badan merupakan salah satu cara penting yang bisa mendukung penampilan. Karena, jika tubuh mengeluarkan bau tidak sedap, seseorang yang mengalaminya dan orang lain akan merasa tidak nyaman.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Menurut ahli akupuntur medik, dr Dhody S Putro MHAPhD mengatakan bahwa bau badan berasal dari produktifitas kelenjar apocrine yang ada di area tumbuhnya rambut.

Kelenjar yang dihasilkan tubuh ada 2 jenis, kelenjar yang tidak berbau dan bening atau accrine dan kelenjar yang berbau, berminyak dan keruh atau apocrine. Apocrine inilah yang bisa menimbulkan bau badan karena kuman.

Selain itu, bau badan juga bisa berasal dari faktor genetik, namun hal ini tidak akurat. Untuk mengurangi bau badan, Anda bisa menggunakan cara mudah dan alami.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah terapi akupuntur. Anda bisa menstimulasi area di telapak kaki untuk mengatasi bau badan, selain itu keringat berlebihan juga bisa dikurangi dengan melakukan terapi tradisional ini.

Selain akupuntur, hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan produksi kelenjar apocrine meningkat.

Cara pertama ialah tidak mengkonsumsi makanan pedas. Walaupun hal ini tidak berdampak secara langsung, mengkonsumsi makanan pedas bisa memicu tubuh menjadi panas dan mengeluarkan keringat.

Makanan yang pedas juga berpotensi merangsang perkembangan kuman dan mengganggu sirkulasi darah. Oleh karena itu, Anda bisa mulai menghindari makanan pedas agar bau badan tidak menyengat.

Adapun cara lain untuk kurangi bau badan selain akupuntur dan kurangi konsumsi makanan pedas ialah:

– Menggunakan baking soda

Campuran 1 sdm baking soda dan perasan setengah jeruk nipis, dapat membuat bau badan berkurang. Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke ketiak hingga kering dan bilas dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

BACA JUGA  Putri Candrawati Disebut Derita PTSD, Ini Tiga Titik Akupuntur Penyembuhan

– Menggunakan temulawak

Parut 30 gram temulawak, lalu campurkan dengan setengah gelas air hangat, saring campuran tersebut dan tambahkan sesendok madu. Ramuan ini bisa Anda lakukan 1 hari sekali secara teratur.

Mandi teratur, mengganti pakaian dan mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu cegah bau keringat. Mencuci pakaian dengan bersih dan memakai baju yang menyerap keringat juga turut membantu.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...