Hemoroid adalah suatu kondisi adanya pembengkakan dari pembuluh darah di rektum dan anus. Cara mengobati hemoroid tidak hanya menggunakan obat, akupuntur diklaim bisa mengatasi penyakit ini dengan efektif.

Cara Mengobati Hemoroid

Hemoroid atau lebih akrab disebut dengan wasir bisa menimpa siapa saja, namun umumnya kondisi ini mudah terkena di usia 50 tahun ke atas. Penyakit ini bisa menimbulkan pendarahan dan rasa gatal di area anus.

Hemoroid bisa terjadi karena duduk yang terlalu lama, aktivitas kerja yang berlebihan, mengangkat beban yang berat, serta banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas.

DIDUKUNG OLEH:

Hemoroid bisa diatasi dengan metode terapi akupuntur, Anda bisa menstimulasi titik Sanyinjiao atau SP6, Yinlingquan atau SP9, dan Chengshan atau BL57.

Perawatan yang dilakukan untuk mengobati masalah ini ialah selama 28 hari dan melakukan terapi akupuntur sebanyak 12 kali. Setiap menusukkan jarum, waktu yang dibutuhkan sebanyak 15 menit.

Bantuan dari obat herba pegagan, dapat membantu penyembuhan hemoroid lebih cepat. Hal ini juga bisa menambah frekuensi pasien untuk buang air besar. Kombinasi akupuntur dan bahan herba sangatlah bagus.

Titik Chengshan berada di bagian tengah betis bagian dalam, titik Yinlingquan berada di bawah ujung tulang kering dan titik Sanyinjiao terletak di bagian ujung tulang kering.

Anda bisa melakukan terapi dengan bantuan akupunturis yang paham dengan ilmu akupuntur, hal ini untuk meminimalisir terjadinya efek samping yang akan muncul.

Karena, jika seseorang tersebut tidak paham dengan ilmu akupuntur, masalah infeksi dan salah tusuk jarum juga bisa muncul dan akhirnya bisa menimbulkan keluhan lain yang merugikan.

Adapun cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi hemoroid ialah:

BACA JUGA  Akupuntur Rambut Untuk Rambut Rontok

– Mengkompres dengan larutan cuka apel dan air hangat
– Meminum jus lidah buaya
– Meminum ramuan dari kulit manggis
– Meminum rebusan dari akar kangkung
– Meminum jus bawang putih atau menjadikannya sebagai obat oles

Cara di atas bisa Anda coba untuk atasi hemoroid, atau Anda bisa berkonsultasi dulu pada ahli agar tidak salah langkah. Sebaiknya, mulailah melakukan pola hidup sehat dan biasakan mengkonsumsi air putih.