Benarkah akupuntur bisa membantu mengobati herpes zoster? Penyakit ini hampir sama dengan cacar air, namun kedua hal tersebut tentu saja berbeda. Simak penjelasannya berikut ini.

Akupuntur Mengobati Herpes Zoster

Pernah mendengar istilah cacar ular atau api? Kedua istilah ini ternyata merujuk pada satu jenis penyakit yang disebut herpes zoster. Penyakit ini hanya mengelilingi salah satu sisi tubuh saja.

Sensasi yang ditimbulkan juga bisa terasa panas dan gatal. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Penyakit ini juga kerap kali terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, perlu pengobatan yang optimal untuk menyembuhkannya.

DIDUKUNG OLEH:

Herpes zoster disebabkan oleh virus yang bernama virus Varicella Zoster. Virus ini menyebabkan cacar air pada tahap awal. Bagi anak yang sebelumnya pernah mengalami cacar air, anak tersebut tentu saja rentan terkena penyakit herpes zoster.

Karena, virus dapat tinggal di jaringan saraf yang dekat otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam merah yang bisa berisi cairan atau seperti kulit yang melepuh dan tersebar secara berkelompok.

Gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah demam, tubub terasa lesu dan juga sakit kepala. Penyakit ini bisa menimbulkan gatal sekaligus seperti sensasi terbakar dan nyeri. Untuk mengobatinya, Anda bisa datang ke dokter atau mengobati dengan salep.

Herpes zoster juga rawan terkena pada lansia. Jika masalah ini muncul pada lansia, akupuntur bisa dijadikan sebagai salah satu terapi yang cukup layak dicoba untuk mengatasinya. Akupuntur dapat membantu meredakan nyeri yang terjadi.

Tidak hanya itu, terapi asal Cina ini juga membantu meredakan demam yang terjadi, dan tubuh yang terasa lesu dan lemas. Terapi akupuntur dapat membantu pasien menjadi lebih berenergi dan mengurangi rasa sakit yang timbul.

BACA JUGA  Mengatasi Buang Air Besar Tak Lancar Dengan Akupresur

Untuk luka yang muncul, sebaiknya jangan digaruk dan diusik, karena akan menimbulkan bekas luka yang menghitam. Rasa terbakar yang dialami juga bisa berkurang dengan bantuan akupuntur. Tertarik mencobanya?

Pemberian vaksin juga bisa membantu seseorang untuk tidak terkena penyakit ini lagi. Akupuntut juga bisa dijadikan sebagai pengobatan tambahan untuk menunjang kesembuhan. Yang terpenting adalah lakukan akupuntur dengan ahli yang profesional