Bisakah akupuntur membantu mengobati penyakit menahun? Terapi tradisional asal Cina ini diklaim memiliki manfaat besar dalam mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit menahun atau kronis.

Cara Mengobati Penyakit Menahun Dengan Terapi

Akupuntur merupakan metode pengobatan yang berasal dari Cina dan merupakan warisan budaya Tionghoa. Terapi ini sudah digunakan sejak beribu tahun lalu dan efektif untuk obati penyakit.

Berbagai macam penyakit yang biasa dirasakan manusia bisa diatasi dengan metode ini, dimulai dari masalah obesitas, membantu program hamil dan bermanfaat bagi ibu hamil, serta mengatasi penyakit menahun.

DIDUKUNG OLEH:

Selain lebih efektif untuk dilakukan, terapi akupuntur juga dianggap lebih efisien dan murah dibanding pengobatan medis. Namun, tidak sembarang orang bisa melakukan terapi ini.

Di Banyuwangi, Jawa Timur, warganya lebih memilih metode akupuntur dibanding pengobatan pada umumnya. Hal ini mereka lakukan karena akupuntur dinilai lebih terjangkau dan lebih manjur, khususnya untuk mengobati penyakit kronis.

Menurut salah seorang akupunturis asal Banyuwangi, Tony S. Suhargo mengatakan, pasien yang datang ke tempat praktiknya mayoritas berobat untuk mengatasi masalah migrain, asam urat dan lambung.

Salah satu pasiennya ada yang menderita penyakit lambung yang sudah kronis dan tidak mengalami kesembuhan walaupun sudah mengobatinya dengan pengobatan pada umumnya.

Pasien tersebut mengaku, ketika ia mencoba melakukan terapi akupuntur, hanya dengan satu kali pelayanan, ia mendapatkan perubahan dan merasakan manfaat dari terapi tersebut.

Selain itu, selama 15 tahun lebih menekuni pengobatan akupuntur, Tony mengaku telah banyak mengobati pasien yang memiliki penyakit kronis atau menahun, seperti pasien yang menderita asma, diabetes dan bahkan wanita yang sulit hamil.

Tony juga menjelaskan bahwa ia tidak sembarangan melakukan akupuntur pada pasiennya. Sejak tahun 1995, Tony belajar akupuntur dan berguru langsung ke negeri tirai bambu.

BACA JUGA  Apakah Spermisida Berdampak Buruk?

Kini akupuntur mengalami perkembangan, dari akupuntur tradisional menjadi akupuntur modern. Namun, terapi akupuntur yang murni tradisional juga masih banyak dilakukan oleh beberapa terapis.

Akupuntur berprinsip pada keseimbangan seperti Yin dan Yang, jika keseimbangan dalam tubuh terganggu, berbagai penyakit pun akan mudah untuk masuk ke dalam tubuh.