Mengobati Rhinitis Alergi Dengan Terapi Akupuntur

Benarkah terapi akupuntur bisa mengobati rhinitis? Akupuntur terbilang sebagai salah satu pengobatan tradisional yang sudah banyak digunakan masyarakat. Terapi ini juga memiliki segudang manfaat untuk mengobati penyakit.

Lalu, benarkah terapi akupuntur efektif untuk digunakan sebagai terapi pengobatan rhinitis? Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini!

Akupuntur Untuk Mengobati Rhinitis

Kondisi hidung yang tersumbat dan seringnya bersin, bisa saja terjadi karena Anda sedang terkena rhinitis alergi. Hal ini terjadi karena adanya peradangan di rongga hidung, karena tubuh terkena alergi.

Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan rhinitis alergi, di antaranya:
– Terkena serbuk sari dari tanaman
– Terkena debu
– Terkena bulu hewan

- Advertisement -

Ternyata, rhinitis tidak bisa dianggap enteng, karena, jika tidak segera diobati, tubuh akan lebih merasa cepat lelah dan kualitas tidur juga berkurang. Lebih parahnya, hal ini juga bisa memicu asma dan peradangan di telinga tengah pada anak.

Banyak pengobatan yang bisa membantu mengatasi rhinitis, terutama karena alergi. Salah satunya adalah akupuntur. Efektifkah akupuntur mengobati masalah ini?

Terapi akupuntur ini bisa dilakukan sembari menggunakan obat-obatan dari dokter. Namun, dengan akupuntur, diharapkan pasien tidak terlalu bergantung dengan obat yang ia gunakan.

Selain bisa mengobati peradangan yang terjadi, terapi akupuntur juga bisa mengatasi insomnia atau penurunan kualitas tidur pada pasien. Terapi ini juga bisa membuat tubuh menjadi segar kembali dan tidak cepat lelah.

Namun, perlu diingat kembali, jika ingin melakukan terapi akupuntur, lakukanlah dengan ahlinya. Jangan melakukan terapi sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping yang merugikan.

Masalah pendarahan yang tak bisa dihentikan, salah menusukkan jarum dan menyebabkan terlukanya organ dalam, juga bisa timbul jika sang terapis tidak lihai dan mengerti akupuntur.

BACA JUGA  Ariel Tatum Akui Pernah Alami Mental Disorder, Begini Akupuntur Bisa Sembuhkan

Jadi, untuk menghindari efek samping yang merugikan, lakukanlah terapi dengan ahli terpercaya. Jangan melakukannya sembarangan.

Lalu, efektifkah akupuntur untuk mengobati rhinitis karena alergi? Jawabannya adalah, ya. Akupuntur membantu mengatasi masalah yang timbul ketika pasien terserang rhinitis.

Terapi ini juga membantu melepaskan hormon endorfin yang membantu mengurangi peradangan, dan akupuntur juga bisa membantu aliran darah dalam tubuh lancar.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...