Mengurangi Nyeri Punggung Menyiksa dengan Refleksi

Cara mengurangi nyeri punggung menyiksa ternyata tidak harus menggunakan obat saja. Untuk mengatasinya, pijat refleksi atau lebih dikenal dengan akupresur bisa Anda gunakan untuk mengobati peradangan di bagian ini.

Pijat Refleksi Mengurangi Nyeri Punggung Menyiksa

Pijat refleksi sudah banyak digunakan masyarakat untuk mengobati keluhan penyakit yang mereka rasakan. Sakit kepala, nyeri sendi dan otot, sakit betis, dan bahkan sakit punggung pun bisa diatasi dengan melakukan terapi ini.

Akupresur atau pijat refleksi melibatkan tekanan dan pijatan menggunakan kekuatan jari terapis atau bahkan menggunakan benda tumpul yang bisa digunakan sebagai alat bantu pijat yang lebih efisien.

Seringkali sakit punggung menyiksa hingga membuat seseorang kesulitan untuk tidur dan duduk sekalipun. Biasanya hal ini muncul saat seseorang terlalu lama duduk, cedera, atau karena sering membungkuk.

- Advertisement -

Akupresur sendiri ternyata ikut berperan dalam mengobati sakit pinggang ini. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menekan atau memijat area tertentu yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi pasien.

Ada tiga titik yang bisa dirangsang menggunakan akupresur, yaitu titik GB29, GB30 dan B54. Titik GB29 terletak di bagian samping atau pinggang, sedangkan GB30 terletak di bagian samping pantat.

Untuk titik B54 letaknya ada di cekungan bagian belakang tempurung lutut. Anda bisa menekan dengan kuat menggunakan jari telunjuk dan jempol di titik tersebut. Jangan lupa untuk menahannya selama dua menit.

Setelah ditekan, jangan lupa dipijat untuk membantu lancarkan aliran darah ke area yang sakit. Akupresur juga membantu tubuh mengaktifkan hormon endorfin yang membantu meredakan sakit yang diproduksi sendiri oleh tubuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga titik di atas, pertama titik GB29, disebut juga titik lubang tulang jongkok. Titik ini terletak di persimpangan panggul dan tulang di paha. Untuk titik GB30 disebut juga jumping round.

BACA JUGA  Mengenal Terapi Air Panas Balneoterapi, Bisa Dijajal di Lau Debuk-debuk - Karo

Titik GB30 juga diketahui dapat mengatasi kelemahan pada kaki, terletak sedikit lebih rendah dari titik GB29 atau di ujung belakang tulang panggul. Untuk B54 bisa digunakan juga untuk mengatasi gangguan kandung kemih.

Tekan ketiga titik di atas dan jangan lupa pijat perlahan agar aliran darah lancar. Jika Anda kebingungan mencari letak titiknya, Anda bisa menggunakan jasa terapis akupresur yang pijatannya lebih tepat sasaran.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...