Akupuntur diklaim dapat mengurangi penggunaan opioid, atau obat yang biasa digunakan pasca operasi. Obat ini sering diresepkan pada pasien rumah sakit dan merupakan golongan obat heroin ilegal.

Akupuntur Kurangi Penggunaan Opioid

Penggunaan opioid bisa menyebabkan pasien mengalami overdosis, seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Setelah dilakukan penelitian, dilansir dari Medical News Today, melakukan akupuntur sebelum operasi, dapat kurangi penggunaan opioid pada pasien setelah operasi.

Menurut peneliti, metode akupuntur murah, aman dan sekaligus bisa mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Selain itu, titik akupuntur di telinga juga berguna untuk mengatasi berbagai macam keluhan di tubuh.

Menurut Brinda Kish, beberapa pasien lebih tertarik menggunakan akupuntur karena aman sekaligus para pasien yang telah mengetahui tentang obat opioid juga lebih memilih akupuntur.

Penggunaan opioid sendiri digunakan untuk meredakan rasa sakit. Namun, obat ini tidak bisa digunakan sembarangan. Obat opioid terbuat dari tanaman opium.

Ketika obat ini masuk ke dalam tubuh dan mengalir dalam darah, obat ini akan menempel ke reseptor opioid di sel-sel otak, sumsum tulang belakang dan organ lain.

Penggunaan obat ini juga memiliki efek samping bagi tubuh pasien. Efek samping yang akan muncul jika dosis obat yang dikonsumsi rendah, akan memunculkan efek seperti:

– Mual hingga muntah
– Mulut terasa kering
– Sembelit
– Kantuk
– Pusing
– Depresi
– Linglung
– Menurunkan kadar testosteron
– Gatal dan berkeringat

Namun, jika dosis yang digunakan lebih tinggi, biasanya akan berpengaruh pada melambatnya sistem pernafasan dan detak jantung. Kondisi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Perasaan senang dan ketagihan dari obat ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan, karena akan ketergantungan dan jika mengkonsumsi terlalu berlebihan akan menimbulkan resiko yang membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, jika menggunakan obat opioid, harus menggunakan resep dan seizin dokter. Karena, jika dikonsumsi sembarangan, khawatir akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Akupuntur bisa dijadikan cara alternatif untuk mengurangi penggunaan opioid. Namun, penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui efek yang akurat mengenai kegunaan akupuntur dalam masalah ini.