Akupuntur tidak hanya bisa melancarkan peredaran darah saja, terapi ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa membahayakan kondisi tubuh jika terus dibiarkan.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi adalah salah satu penyakit yang paling umum terjadi, padahal penyakit ini jika dibiarkan akan membahayakan tubuh jika dibiarkan dan disepelekan.

Biasanya tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena kurang tidur, stres, terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, obesitas, kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol.

DIDUKUNG OLEH:

Jika penyakit hipertensi dibiarkan dan tidak segera ditangani, biasanya akan memicu penyakit lain yang berbahaya muncul, seperti penyakit stroke, jantung, gagal ginjal dan diabetes.

Hipertensi bisa dihindari dan diobati, dan cara paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan merubah gaya hidup. Anda harus mulai menjaga pola hidup sehat dan gaya hidup.

Jika cara mencegah yang sederhana tersebut dilakukan, segala penyakit tidak akan menyerang ke tubuh, dan Anda tidak perlu terus menerus bergantung pada obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Selain cara sederhana tersebut, pengobatan tradisional Cina yakni akupuntur bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk menghindari dan mengobati hipertensi.

Penyebab dari munculnya hipertensi adalah stres, kurang tidur dan sebagainya. Penyebab dari munculnya penyakit tersebut bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur.

Akupuntur bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih rileks, begitupula dengan pikirannya, jadi masalah stres dan sakit kepala bisa diatasi hanya dengan akupuntur.

Selain itu, kurangnya kualitas dan kuantitas tidur juga bisa diatasi dengan bantuan terapi akupuntur. Karena, akupuntur bisa membuat seseorang menjadi lebih nyenyak tidur dan terhindar dari insomnia.

Menurut Lu Hens, seorang dokter yang terkenal di Moskow mengatakan, bahwa akupuntur bisa mengurangi tekanan darah tinggi hanya dalam waktu 5 menit.

BACA JUGA  Efek Samping Akupuntur, Bersifat Sementara?

Menurut Lu Hens, aliran darah ke otot dan jaringan juga merupakan hal penting yang harus dijaga agar terhindar dari penyakit hipertensi. Berikut ini letak titik yang bisa melancarkan aliran darah, yaitu:

– Titik yang dimulai dari telinga sampai hidung
– Bagian belakang tulang rawan telinga sampai bagian tengah tulang leher

Kedua titik tersebut bisa distimulasi untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Selain itu, aliran darah ke seluruh tubuh akan lancar dengan menstimulasi area tersebut.