Menyembuhkan Filariasis Dengan Metode Laserpuntur

Cara menyembuhkan filariasis ternyata tidak hanya mengkonsumsi obat saja, metode laserpuntur bisa dijadikan pengobatan alternatif yang efektif untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Cara Menyembuhkan Filariasis Dengan Laserpuntur

Penyakit filariasis atau lebih akrab disebut kaki gajah ternyata tidak hanya bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat. Kini, penyakit kaki gajah bisa disembuhkan dengan pengobatan laserpuntur.

Hal ini telah diungkapkan oleh seorang peneliti penyakit kaki gajah yakni doktor Ambar Sulanti. Menurut Ambar, pengobatan kaki gajah biasanya hanya membunuh cacing filarianya saja, dan belum ada cara tepat yang berhasil menyembuhkan.

Akhirnya, Ambar mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan metode laserpuntur berdosis rendah yang disebar di 8 titik akupuntur. Hasil dari penelitiannya ini cukup mengejutkan.

- Advertisement -

Dengan melakukan laserpuntur, Ambar memperoleh hasil yang signifikan dibanding dengan menggunakan cara penyembuhan yang lama. Dengan terapi ini, cairan limfedema berkurang sebesar 819,50 ml.

Menurutnya, jika melakukan pengobatan dengan metode lama, cairan limfedema yang berkurang hanya sekitar 104,5 ml dan dengan laserpuntur, cairan yang ada pada penderita kaki gajah tersebut berkurang banyak.

Kaki gajah terjadi akibat adanya cacing filaria yang masuk ke dalam tubuh, hal ini disebabkan karena gigitan nyamuk. Menurut Ambar, metode pengukuran perkembangan penyakit kaki gajah yang dilakukan selama ini salah.

Ia menjelaskan, seharusnya pengembangan kaki gajah tidak bisa diukur dari besarnya bengkak yang dialami, cara yang tepat adalah mengukur dengan metode tumpahan air.

Cara metua ini adalah dengan memasukkan kaki yang bengkak ke dalam wadah berisi air, air yang tumpah akan ditimbang untuk mendapatkan ukuran bengkak yang sebenarnya.

Meskipun metode yang dikenalkan oleh Ambar memang efektif, dukungan dari masyarakat dan pihak lainnya juga penting. Karena, ia akan kesulitan untuk menerapkan cara ini jika belum memiliki dukungan dari yang lain.

BACA JUGA  Tips Menjaga Kesehatan di Musim Kemarau 2020

Metode laserpuntur ini bisa dijadikan pengobatan alternatif yang efektif selain mengkonsumsi obat. Bagi penderita yang ingin terbebas dari ketergantungan obat, metode tradisional inilah yang cocok digunakan.

Namun, dalam praktiknya hal ini perlu dilakukan oleh ahli, tidak sembarang orang bisa melakukannya karena khawatir dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...