Cara menyembuhkan filariasis ternyata tidak hanya mengkonsumsi obat saja, metode laserpuntur bisa dijadikan pengobatan alternatif yang efektif untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Cara Menyembuhkan Filariasis Dengan Laserpuntur

Penyakit filariasis atau lebih akrab disebut kaki gajah ternyata tidak hanya bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat. Kini, penyakit kaki gajah bisa disembuhkan dengan pengobatan laserpuntur.

Hal ini telah diungkapkan oleh seorang peneliti penyakit kaki gajah yakni doktor Ambar Sulanti. Menurut Ambar, pengobatan kaki gajah biasanya hanya membunuh cacing filarianya saja, dan belum ada cara tepat yang berhasil menyembuhkan.

DIDUKUNG OLEH:

Akhirnya, Ambar mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan metode laserpuntur berdosis rendah yang disebar di 8 titik akupuntur. Hasil dari penelitiannya ini cukup mengejutkan.

Dengan melakukan laserpuntur, Ambar memperoleh hasil yang signifikan dibanding dengan menggunakan cara penyembuhan yang lama. Dengan terapi ini, cairan limfedema berkurang sebesar 819,50 ml.

Menurutnya, jika melakukan pengobatan dengan metode lama, cairan limfedema yang berkurang hanya sekitar 104,5 ml dan dengan laserpuntur, cairan yang ada pada penderita kaki gajah tersebut berkurang banyak.

Kaki gajah terjadi akibat adanya cacing filaria yang masuk ke dalam tubuh, hal ini disebabkan karena gigitan nyamuk. Menurut Ambar, metode pengukuran perkembangan penyakit kaki gajah yang dilakukan selama ini salah.

Ia menjelaskan, seharusnya pengembangan kaki gajah tidak bisa diukur dari besarnya bengkak yang dialami, cara yang tepat adalah mengukur dengan metode tumpahan air.

Cara metua ini adalah dengan memasukkan kaki yang bengkak ke dalam wadah berisi air, air yang tumpah akan ditimbang untuk mendapatkan ukuran bengkak yang sebenarnya.

Meskipun metode yang dikenalkan oleh Ambar memang efektif, dukungan dari masyarakat dan pihak lainnya juga penting. Karena, ia akan kesulitan untuk menerapkan cara ini jika belum memiliki dukungan dari yang lain.

BACA JUGA  Cara Alami Atasi Asam Urat, Salah Satunya Akupuntur

Metode laserpuntur ini bisa dijadikan pengobatan alternatif yang efektif selain mengkonsumsi obat. Bagi penderita yang ingin terbebas dari ketergantungan obat, metode tradisional inilah yang cocok digunakan.

Namun, dalam praktiknya hal ini perlu dilakukan oleh ahli, tidak sembarang orang bisa melakukannya karena khawatir dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.