Merangsang Kontraksi Dengan Bantuan Terapi Akupresur

Para ibu hamil yang belum mengalami tanda-tanda persalinan biasanya membutuhkan bantuan untuk merangsang kontraksi. Karena hal ini, biasanya dokter akan menyarankan induksi medis yang “memaksa” persalinan.

Akupresur Untuk Merangsang Kontraksi

Terapi tradisional Cina memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Manfaat dari terapi ini juga berguna banyak bagi para pasangan yang ingin menjalankan promil, ibu hamil, saat melahirkan dan pasca melahirkan.

Terapi akupuntur bisa membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria maupun wanita, terapi ini juga bisa membantu promil agar lancar dan membantu keberhasilan promil tersebut.

Tidak hanya itu, terapi akupuntur juga bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Terapi akupuntur bisa membantu redakan morning sickness pada ibu hamil dan juga perasaan stres, gelisah dan berbagai gangguan kesehatan yang terjadi pada saat hamil.

- Advertisement -

Selain berguna untuk ibu hamil, terapi akupuntur juga bermanfaat untuk membantu ibu hamil menghadapi masa persalinan. Untuk kondisi siap persalinan, biasanya ibu hamil perlu mengalami kontraksi terlebih dahulu.

Jika kontraksi belum juga dirasakan, padahal sudah mendekati waktu persalinan, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan induksi medis yang bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Ada cara lain selain melakukan induksi medis yang bisa memunculkan rasa sakit luar biasa, yaitu dengan menggunakan terapi tradisional Cina akupresur. Terapi ini juga bisa menghindari melakukan induksi medis atau caesar yang bisa beresiko pada janin dan ibu yang mengandung.

Namun, sebelum melakukan akupresur, sebaiknya sang ibu memeriksakan diri dulu ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatannya. Pastikan sebelum melakukan akupresur, kehamilan sedang ada pada tingkat resiko rendah.

Terapi akupresur tidak bisa dilakukan pada ibu hamil yang letak plasentanya rendah karena akan menimbulkan pendarahan, dan juga ibu hamil yang memiliki penyakit darah tinggi.

BACA JUGA  Amankah Terapi Bekam Dilakukan Pada Anak-anak?

Terapi akupresur membantu posisi bayi untuk turun, membantu leher rahim matang dan melebar, dan membantu memunculkan kontraksi lebih cepat. Dengan bantuan akupresur, biasanya proses persalinan akan lebih cepat dilakukan.

Akupresur untuk merangsang terjadinya kontraksi pada ibu hamil bisa dilakukan dengan cara memijat area antara pangkal tulang jempol tangan dan pangkal tulang telunjuk tangan.

Area ini dipijat searah jarum jam sebanyak 20-30 kali, dan untuk mengurangi kontraksi, pemijatan dilakukan berlawanan arah jarum jam dengan jumlah pijatan yang sama.

Namun, sebelum melakukan akupresur, pastikan kondisi Anda bukan kehamilan yang beresiko. Terapi ini juga harus dilakukan oleh ahli yang profesional dan tidak sembarang orang.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...