Meredakan Pilek Tanpa Bergantung dengan Obat

Benarkah cara meredakan pilek tidak hanya dengan obat? Pilek adalah salah satu penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara-cara mengobati pilek tanpa harus bergantung dengan obat.

Tanpa Obat Membantu Meredakan Pilek

Pilek biasanya muncul ketika pertahanan tubuh tengah berkurang. Hal ini juga bisa disebabkan karena cuaca yang ekstrim dan apalagi saat musim penghujan tiba. Sebagian besar orang mengatasi hal ini pasti dengan obat.

Padahal, ada cara lain yang bisa digunakan selain menggunakan obat. Bagaimana caranya? Apakah cara tersebut cukup efektif dilakukan? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Pilek bisa muncul ketika tubuh merespon alergi pada zat tertentu seperti pilek dan lain sebagainya. Namun, perlu Anda ketahui, pilek tidak hanya bisa diobati dengan obat-obatan medis saja.

- Advertisement -

Cara pertama untuk membantu mengobati pilek yang meradang adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan. Mengonsumsi air putih dan jus buah ternyata membantu mengatasi penyakit ini.

Banyak mengkonsumsi air bisa membantu mencairkan lendir yang menyangkut di bagian hidung maupun di tenggorokan. Selain mengkonsumsi air putih, teh hangat dan juga jus buah, cara lain untuk membantu redakan pilek adalah dengan akupresur.

Siapa sangka, terapi asal Cina ini dapat membantu tubuh yang terserang flu atau pilek untuk sembuh. Ada beberapa titik yang ada di tubuh untuk membantu meredakan pilek. Titik ini juga tidak ditetapkan secara asal.

Tidak hanya akupresur yang berasal dari Cina, cara neti pot juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan pilek yang meradang. Apa itu neti pot? Alat ini berbentuk kecil seperti teko yang diisi dengan air dan larutan garam.

BACA JUGA  Titik Akupresur untuk Mati Rasa di Kaki

Caranya adalah dengan mengaliri sinus dan nantinya lendir akan keluar. Selain cara yang sudah disebutkan di atas, ternyata berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di saluran pernapasan atas.

Tidak hanya itu, cara ini juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat. Anda bisa melarutkan sesendok teh garam dengan segelas air, dan berkumur menggunakan air larutan garam tadi beberapa kali.

Sudahkah Anda mencoba salah satu cara yang disebutkan di atas? Akupresur juga layak dicoba karena hanya pijatan yang dilakukan. Jadi, Anda tidak harus mengobati pilek dengan obat saja.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...