Meridian Dalam Akupuntur yang Penting

Meridian Dalam Akupuntur yang Penting – Pada dasarnya, meridian adalah sistem peredaran darah energi, seperti sistem peredaran darah darah. Perbedaannya adalah meridian memungkinkan aliran energi vital yang disebut Qi (diucapkan ‘chee’).

Meridian dibagi menjadi dua kategori: jingmai dan luomai. Jingmai mewakili sebagian besar dari apa yang sering dikenal orang sebagai meridian. Luomai adalah berbagai hubungan antara meridian jingmai yang berbeda.

Meridian Dalam Akupuntur yang Penting

Meridian Jantung

“Raja Organ,” hati adalah rumah dari esensi vital. Itu memerintahkan semua organ dan emosi lainnya. Hati juga dilihat sebagai pusat pikiran. Ia bekerja dengan banyak organ untuk mengatur sirkulasi dan memelihara kondisi mental yang sehat. Jika jantung tidak seimbang, semua organ dan meridian lainnya akan menderita. Itu juga dilihat sebagai yang utama dalam pertahanan melawan penyakit.

- Advertisement -

Meridian jantung dimulai di dekat ketiak dan mengalir ke lengan bagian dalam bawah sebelum berakhir di ujung jari kelingking.

Meridian Paru

Meridian paru-paru adalah yang penting kedua setelah meridian jantung di antara 12 Meridian Utama. Ini disebut membantu mengendalikan energi dan mengedarkan darah. Paru-paru dan jantung terlihat bekerja bersama dengan darah dan energi, menjadi bagian yang saling melengkapi dari sistem kehidupan. Hubungan ini telah menyebabkan paru-paru juga disebut “Imam” dan “Menteri Surga”. Paru-paru juga mengontrol kulit dan keringat.

Meridian paru dimulai dari bagian depan bahu. Ini berlekuk sebelum mengalir ke bagian atas lengan bagian dalam dan berakhir di sudut thumbnail.

Meridian Perut

Perut bertanggung jawab atas keseimbangan unsur. Disebut “Sea of Nourishment” dan “Minister of the Mill,” itu adalah awal dari pencernaan. Karena tali pusar, itu juga disebut “Akar Kehidupan Pascakelahiran”. Perut bertugas mengekstraksi energi dari makanan dan minuman.

BACA JUGA  Keberhasilan Pengobatan Akupuntur Pada Korban Kanker

Ketidakseimbangan dengan meridian perut akan menyebabkan kekurangan energi di seluruh Sistem Meridian. Ini juga dapat menyebabkan mania, kebingungan, atau kecemasan.

Meridian perut dimulai di bawah mata, di samping hidung. Itu turun sebelum mengikuti garis rahang hingga tengkorak. Kemudian turun dan mengalir ke tenggorokan, dada, dan perut. Melanjutkan, itu mengalir di bagian depan tungkai dan kaki sebelum berakhir di tepi luar jempol kaki.

Meridian Ginjal

Dalam TCM, ginjal dipandang sebagai salah satu organ terpenting. Organ ini termasuk kelenjar adrenal dan kelenjar seks pria dan wanita. Ini bertugas menyimpan energi prenatal serta energi vital penting untuk kehidupan. Ginjal juga berfungsi mengatur otak dan berperan penting dalam pembentukan ingatan dan rasionalitas.

Ketidakseimbangan pada ginjal dapat menyebabkan impotensi atau defisiensi imun. Ini juga dapat menyebabkan ingatan yang buruk atau ketidakmampuan untuk berpikir jernih. Diagnosis ketidakseimbangan meridian ginjal dilakukan dengan pemeriksaan mata dan pendengaran. Nyeri punggung dan rentang perhatian yang pendek juga menunjukkan ketidakseimbangan meridian ginjal.

Meridian ginjal dimulai di telapak kaki dan membentang di sepanjang tepi dalam sebelum melingkari pergelangan kaki. Itu naik ke kaki bagian dalam dan berjalan ke batang tubuh pusat sebelum berakhir di tulang selangka bagian dalam.

Selain itu ada juga Meridian Usus Besar, Meridian Usus Kecil,Meridian Hati, Meridian Kandung Kemih, Meridian Kantung Empedu, Meridian Limpa, Meridian Perikardium dan Meridian Tiga-Hangat, sumber acupuncturistseattle.com.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...