Obat Anti Hamil, Amankah?

Morning after pill merupakan pil KB darurat yang bisa membantu mencegah kehamilan dengan menunda atau mencegah ovulasi. Pil kontrasepsi cadangan ini perlu diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa kondom.

Dilansir dari WebMD, morning after pill berisi levonorgestrel harus diminum setelah 72 jam berhubungan seks untuk menurunkan risiko kehamilan hingga 89 persen. Jika segera diminum dalam rentang kurang dari 24 jam, efektivitasnya meningkat sebesar 95 persen.

Namun, meski niatnya supaya tidak lupa minum morning after pill sebelum seks akan membuatnya jadi kurang efektif. Secara teori, cara kerja pil ini mungkin saja sama dengan pil KB reguler. Keduanya sama-sama bekerja mencegah ovulasi.

Tujuan morning after pill alias pil KB darurat sendiri bukan alat kontrasepsi yang diutamakan. Alat kontrasepsi darurat tidak ditujukan sebagai metode pencegahan kehamilan yang utama.

Pasalnya, alat kontrasepsi ini tidak bekerja seefektif pil KB reguler dan hanya dimaksudkan digunakan dalam keadaan darurat, bukan yang terencana.

Jika Anda ingin minum morning after pill sebelum berhubungan seks tanpa pengaman, pil ini perlu diminum lagi esok paginya untuk membantu menguatkan efek obat.

Setelah minum pil kontrasepsi darurat ini, sebenarnya tidak ada efek samping berbahaya yang akan muncul. Namun biasanya beberapa efek yang kerap dialami yaitu: mual, sakit perut, kelelahan, sakit kepala, pusing, perubahan siklus haid, nyeri payudara.

Jika Anda muntah dalam waktu dua jam setelah minum obat, konsultasikan ke dokter dan tanyakan apakah Anda perlu meminum ulang pil.

Minum morning after pill juga bisa membuat Anda mengalami perdarahan di luar siklus haid. Selain itu, obat ini juga bisa menyebabkan haid menjadi lebih berat atau lebih ringan dan lebih awal atau justru lebih lambat dari biasanya. Berbagai efek yang muncul ini biasanya tak perlu sampai diperiksakan ke dokter.

BACA JUGA  Tameng Melawan Virus Omicron dengan Akupuntur

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...