Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga kesehatan. Dalam konteks demensia, TCM menawarkan manfaat yang dapat memperlambat kemajuan penyakit, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kualitas hidup.

Melansir laman Being Patient, pakar akupuntur dan penulis terlaris Dr. Mao Shing Ni menjelaskan beberapa manfaat yang bisa diberikan TCM dalam menyembuhkan Demensia. Untuk bisa mengetahui penjelasan lengkapnya, silakan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Sakit pada Leher dan Bahu? Ahli Kesehatan ini Anjurkan Terapi TCM dan Pengobatan Modern

1. Pendekatan holistik

Pendekatan holistik yang digunakan dalam TCM untuk menyembuhkan demensia melibatkan keseimbangan semua aspek kesehatan seseorang. TCM mengakui bahwa tubuh dan pikiran saling terkait dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, selain memberikan perhatian pada aspek fisik, TCM juga memperhatikan aspek emosional dan mental seseorang. Pendekatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesehatan secara menyeluruh, sehingga membantu menjaga keseimbangan otak dan melawan kemajuan penyakit neurodegeneratif.

- Advertisement -

Selain itu, TCM juga memandang individu sebagai satu kesatuan yang kompleks, di mana setiap aspek kesehatan harus diperhatikan dan diperbaiki untuk mencapai kesembuhan yang optimal. Dengan mengadopsi pendekatan holistik ini, TCM mampu memberikan manfaat jangka panjang dalam mengatasi demensia.

2. Gaya hidup sehat

TCM sangat menganjurkan gaya hidup sehat sebagai bagian dari upaya pencegahan demensia. Rekomendasi-rekomendasi tersebut mencakup praktik makan dengan penuh perhatian, menghindari makanan cepat saji, gula rafinasi, dan karbohidrat. TCM juga menekankan pentingnya mengonsumsi makanan organik nabati, ikan, dan unggas sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh Kita: Bisa Bikin Cantik!

BACA JUGA  Mengenal Hanyak, Metode Pengobatan Tradisional khas Korea

Hal ini sejalan dengan penelitian modern yang menunjukkan bahwa diet yang baik untuk kesehatan otak melibatkan asupan makanan yang kaya nutrisi dan rendah bahan-bahan yang berpotensi merusak kesehatan. Dengan mengadopsi gaya hidup sehat ini, TCM dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi risiko demensia dan menjaga kesehatan otak secara keseluruhan.

3. Flavonoid dan antioksidan

TCM menganjurkan konsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dan antioksidan sebagai bagian dari pengobatan demensia. Salah satu contohnya adalah blueberry dan goji berry yang mengandung flavonoid, senyawa yang memiliki kemampuan melindungi otak dari peradangan dan penumpukan plak yang terkait dengan demensia.

Selain itu, TCM juga merekomendasikan asupan kacang-kacangan karena mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu mengurangi peradangan di otak. Kombinasi flavonoid dan antioksidan dalam makanan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan otak dan melindunginya dari kerusakan yang terkait dengan demensia. Dengan mengadopsi pola makan yang kaya akan flavonoid dan antioksidan, manfaat TCM dalam menyembuhkan Demensia bisa dirasakan.

4. Ramuan Cina

TCM mengandalkan penggunaan beberapa ramuan tradisional Cina yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan fungsi otak atau mencegah penurunan kognitif. Salah satu ramuan yang umum digunakan adalah akar astragalus, yang memiliki sifat adaptogenik dan diklaim dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak serta mengurangi stres oksidatif. Ginkgo biloba juga sering digunakan dalam TCM untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kognisi.

Namun, agar manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia bisa didapat, penting untuk berkonsultasi dengan praktisi TCM berlisensi sebelum mengonsumsi ramuan ini karena efek samping dan interaksi yang mungkin terjadi.

5. Menghindari suplemen yang tidak diatur pemerintah

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia juga melibatkan saran untuk menghindari suplemen yang tidak diatur. TCM menekankan kehati-hatian dalam mengonsumsi suplemen kesehatan otak yang dijual secara massal dan tidak diatur oleh pemerintah. Penggunaan suplemen tanpa bimbingan praktisi TCM berlisensi dapat menimbulkan risiko.

BACA JUGA  Veteran Bantu Sesama Eks Militer Atasi Masalah Mental dengan Kesehatan Holistik

Sebagai gantinya, TCM mendorong untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan melalui makanan yang dikonsumsi, yang secara alami memberikan berbagai zat gizi dan memberikan manfaat holistik bagi kesehatan otak. Dengan demikian, penting untuk menggabungkan prinsip-prinsip TCM dengan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan yang tepat untuk mendukung kesehatan otak secara alami.

6. Membaca label dengan cermat

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia juga termasuk praktik membaca label makanan dengan cermat. TCM menganjurkan agar kita selalu memeriksa label makanan dengan teliti dan menghindari bahan-bahan yang tidak dikenal atau mengandung zat berbahaya. Menghindari makanan yang mengandung bahan beracun atau bahan pengawet yang tidak sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan otak.

Dengan memilih makanan yang alami dan bebas dari bahan-bahan berbahaya, kita dapat memberikan nutrisi yang optimal bagi otak kita dan secara efektif mendukung proses penyembuhan dan pencegahan demensia.

7. Meditasi dan Tai Chi

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia juga melibatkan meditasi dan Tai Chi. Meditasi membantu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi otak. Tai Chi, dengan gerakan perlahan dan fokus mental, dapat mencegah penurunan otak dan demensia. Keduanya meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, serta memelihara kesehatan otak.

Dengan mengintegrasikan meditasi dan Tai Chi dalam rutinitas sehari-hari, manfaat TCM dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan otak, menjaga fungsi kognitif, dan mencegah risiko demensia.

 

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menggali Kearifan Lokal dari Alat Kesehatan Tradisional

Di tengah kemajuan teknologi medis yang pesat, alat kesehatan...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu alat kesehatan tradisional yang telah digunakan di Eropa selama berabad-abad. Dalam terapi ini, alat kesehatan khusus...