Pasutri Seleb Ini Depresi Hingga Nyaris Bunuh Diri, Bisa Ditangani Akupuntur & Herbal

Musisi I Gede Aryatisna atau JRX mengaku sempat mengalami depresi lantaran terjerat masalah hukum. Bukan hanya JRX bahkan istrinya, Nora Alexandra juga sempat merasakan hal yang sama. Bagaimana menangani masalah mental seperti ini tanpa obat atau psikolog? Salah dua kiat penanganan alternatif atas depresi adalah akupuntur dan terapi minuman herbal.

Ditemui awak media saat proses penanganan masalah hukum yang hadapinya, Jerinx mengaku sangat menyesal. “Justru yang lebih banyak dirugikan malah dari pihak saya. Istri saya dan saya depresi. Sempat ingin bunuh diri berdua,” aku Jerinx saat ditemui di PN Jakarta Pusat, belum lama ini.

Akupuntur Untuk Mengatasi Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang perlu cepat diatasi karena mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Namun, salah satu cara yang akan dibahas kali ini adalah dengan memanfaatkan akupuntur.

Pernahkah Anda mendengar tentang terapi akupuntur? Terapi ini memiliki banyak manfaat di dalamnya, salah satunya untuk mengobati depresi.

Terapi ini merupakan salah satu terapi asal Cina yang hingga kini masih banyak diminati masyarakat, terutama di Indonesia.

Terapi ini identik dengan sebutan terapi tusuk jarum, karena alat yang digunakan adalah sebuah jarum tipis.

Meskipun akupuntur terlihat mudah dilakukan, pada kenyataannya terapi ini cukup sulit dan perlu pemahaman khusus saat seorang terapis meletakkan jarum di beberapa bagian tubuh pasien.

Terapis perlu tahu letak titik akupuntur mana yang berhubungan dengan keluhan pasien. Selain itu, ukuran jarum yang digunakan juga perlu diperhatikan agar tidak muncul efek samping.

Bahkan, sebelum diakupuntur, kesterilan alat yang digunakan juga harus sangat diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya infeksi atau masalah lain yang bahkan bisa lebih serius.

BACA JUGA  4 Obat Herbal Ini Ampuh Meredakan Nyeri Haid

Kedalaman penusukan jarum juga perlu diperhatikan. Salah menusukkan jarum atau terlalu dalam juga dapat menimbulkan efek samping yang tentu saja merugikan pasien dan akan berakibat fatal.

Saat jarum ditusukkan, hormon endorfin yang merupakan hormon pereda nyeri alami dan merangsang rasa bahagia dan bugar di dalam tubuh akan ikut aktif. Hal ini otomatis dapat membuat seseorang terasa sehat dan rileks.

Para peneliti menyebut akupuntur elektro dapat menghambat peningkatan hormon stres atau kadar kortisol. Namun, penelitian tersebut dianggap masih kurang meyakinkan tentang keefektifan akupuntur dalam mengobati depresi.

Minuman Herbal untuk Mengobati Depresi

Mengobati depresi ternyata tidak hanya dengan akupuntur atau terapi biasa. Salah satu jenis gangguan mental ini ternyata bisa juga diatasi dengan cara mengonsumsi minuman herbal yang cukup mudah dibuat hanya berbahan dasar jahe.

Depresi merupakan salah satu jenis gangguan mental yang bisa berdampak buruk bagi penderitanya jika dibiarkan. Bahkan, penderitanya bisa mengalami gangguan kejiwaan jika dibiarkan atau melakukan hal ekstrim.

Depresi sendiri ditandai dengan berubahnya suasana hati seperti sedih, tertekan, hingga kehilangan minat dalam suatu hal secara terus-menerus, hingga penderitanya tak ingin hidup dan bahkan lebih parah lagi.

Gejala yang muncul pada seseorang yang mengalami hal ini seperti perubahan nafsu makan, gangguan tidur, kehilangan energi, sulit konsentrasi, selalu cemas dan masih banyak lagi yang jelas merugikan.

Tidak hanya akupuntur saja yang bisa membantu redakan depresi pada seseorang, ternyata ada sebuah minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah gangguan mental ini. Bahan utama untuk membuatnya adalah jahe.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang bisa memperlambat proses penuaan. Jahe juga bermanfaat untuk mengobati penyakit menular dan mencegah penyakit kanker.

BACA JUGA  Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan satu ruas jahe dengan ukuran sedang, tiga helai potongan kecil daun pandan, air panas dan juga madu secukupnya saja. Untuk cara membuatnya juga mudah.

Pertama masak air hingga mendidih lalu masukkan jahe yang sudah digeprek dan daun pandan yang sudah dipotong kecil ke dalam air. Tunggu rebusan itu selama tiga hingga lima menit, setelahnya tiriskan dan minum saat hangat.

Ramuan herbal ini disarankan untuk diminum sebanyak satu kali sehari saja dan waktu meminumnya adalah sebelum tidur. Tidak hanya membantu rilekskan tubuh, ramuan jahe juga bermanfaat bagi kesehatan.

Lebih baik buat ramuan herbal ini untuk sekali minum saja, buat dadakan lebih baik agar kualitas ramuannya terjaga. Minuman herbal ini bisa diminum oleh siapa saja, namun Anda bisa bertanya pada ahli sebelum mengkonsumsinya.

Demikian pembahasan perihal manfaat akupuntur dan terapi minuman herbal untuk menangani masalah depresi. [EB]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...