Penelitian Akupuntur Dapat Meredakan Nyeri Kaki – Akupuntur mungkin menawarkan manfaat jangka pendek untuk nyeri kaki yang berhubungan dengan linu panggul diskogenik kronis, menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Pain Medicine.

Penelitian Akupuntur Dapat Meredakan Nyeri Kaki

Dalam penelitian, sebanyak 46 pasien dengan linu panggul kronis yang disebabkan oleh herniasi lumbal disk dibagi secara acak 1: 1. Mereka akan menerima akupuntur atau akupuntur palsu. Setelah periode penilaian awal 1 minggu, pasien menjalani 4 minggu pengobatan dan diikuti selama 24 minggu lagi. Perawatan terdiri dari 12 sesi akupuntur di titik akupuntur tradisional yang sama.

Hasil utama ialah perubahan dari baseline pada nyeri kaki rata-rata mingguan yang dinilai dengan skala analog visual (VAS) selama periode pengobatan 4 minggu. Hasil sekunder yakni perubahan dari baseline dalam skor VAS rata-rata untuk nyeri kaki, skor VAS untuk nyeri punggung bawah, skor Oswestry Disability Index, dan skor 36-Item Short Form Health Survey.

DIDUKUNG OLEH:

Selama periode pengobatan 4 minggu, perbedaan antara kelompok dalam nyeri kaki rata-rata mingguan adalah -7,28 mm (95% CI, -13,76 hingga -0,80; P = .029), yang lebih besar dari apa yang didefinisikan sebagai perbedaan klinis yang minimal penting (yaitu, 5 mm).

Tidak ada perbedaan antara kelompok dalam skor VAS rata-rata yang dicatat untuk nyeri punggung bawah dan skor Indeks Disabilitas Oswestry, dan skor Survei Kesehatan Formulir Pendek 36-Item tidak ditemukan signifikan selama masa studi (P> .05 untuk semua).

Efek samping akupuntur dilaporkan oleh 2 peserta (4,3%), yang mengalami hematoma subkutan yang ringan dan sementara, sumber clinicalpainadvisor.com.

Keterbatasan studi termasuk sampel kecil dan kurangnya penilaian jangka panjang. Selain itu, para peneliti mencatat bahwa penelitian di masa depan harus melibatkan pasien yang tidak optimis tentang akupuntur untuk mengukur bagaimana ekspektasi pasien memengaruhi pereda nyeri.

BACA JUGA  Mengatasi Neuropati Diabetik Menggunakan Akupuntur

Jika Anda mengalami nyeri dibagian kaki, akupuntur bisa saja menjadi solusi. Pengobatan alternatif yang berasal dari China ini memang memiliki banyak manfaatnya. Apalagi saat ini banyak dilakukan penelitian mengenai pengobatan ini.

Di Indonesia sendiri, mulai banyak praktek pengobatan akupuntur yang diadakan. Anda tidak perlu khawatir, mungkin saja di daerah Anda terdapat ahli akupuntur yang bisa membantu masalah Anda.