Epilepsi terjadi karena adanya gangguan sistem saraf pusat dan pola aktivitas tidak normal di otak. Pengobatan epilepsi dengan akupuntur bisa dijadikan salah satu cara alternatif mengatasi masalah ini. Karena, penyakit ini bisa membuat seseorang kejang hingga hilang kesadaran sehingga harus cepat diatasi.

DIDUKUNG OLEH:

Mengobati Epilepsi Dengan Akupuntur

Epilepsi atau yang lebih dikenal dengan ayan terjadi karena adanya gangguan pada pola aktivitas listrik otak saraf dan dapat menyebabkan kejang, perilaku yang tidak biasa hingga hilang kesadaran.

Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa kejang dan tingkat keparahannya berbeda-beda. Kondisi ini dapat dipicu oleh stres, kelelahan atau mengkonsumsi obat. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja dan umumnya dimulai saat usia anak-anak atau lebih dari 60 tahun.

Terdapat beberapa titik akupuntur untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

– Di bagian telapak kaki

Titik refleksi otak kiri dan kanan, titik refleksi kelenjar di bawah otak, dan titik refleksi otak kecil

– Di bagian punggung kaki

Titik kelenjar getah bening bagian atas dan bawah tubuh, titik kelenjar getah bening bagian dada dan titik refleksi syaraf keseimbangan.

Terapi pijat pada setiap titik biasanya berlangsung selama 1 menit di setiap titiknya dan dilakukan minimal 1 kali secara berkelanjutan. Terapi ini bisa digunakan untuk mengobati anak-anak dan dewasa.

Cara Lain Pengobatan Epilepsi

Selain melakukan terapi, Anda bisa melakukan cara lain untuk mencegah atau mengatasi masalah ini, seperti:

– Melakukan pertolongan pertama saat penderita mengalami kejang
– Mengkonsumsi beberapa bahan alami seperti racikan bawang putih dengan susu dan air, meminum air kelapa dan mengkonsumsi jus buah dan air.

Selain itu, terdapat beberapa jenis tanaman obat yang direferensikan untuk mengatasi masalah ini seperti :

a. Arttemisia vulgaris
b. Merinar
c. Pegagan untuk revitalisasi otak

Jadi, bagi penderita epilepsi dianjurkan untuk mulai merubah gaya hidup dan pola makan agar kesehatannya cepat pulih. Selain itu, cara alternatif lainnya seperti akupuntur juga bisa dilakukan bagi penderita epilepsi yang ingin sembuh.

Pengobatan epilepsi dengan akupuntur ini dinilai cukup efektif karena akupuntur merangsang sistem saraf otak dan memperbaiki aliran energi yang tersumbat di dalam tubuh. Hal ini tentu saja akan berhasil jika dibarengi dengan pola makan yang sehat.